Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisBanjir di Purwadadi Ciamis Kali Ini Terparah Dalam 15 Tahun Terakhir

Banjir di Purwadadi Ciamis Kali Ini Terparah Dalam 15 Tahun Terakhir

Rumah dan kolam warga Dusun Talangbanteng, Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, yang terendam banjir, Jum’at (26/12/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Warga Purwadadi Ciamis Terpaksa Ngungsi, Banjir Hingga Hari Ini Belum Surut

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat sungai apur yang berada di Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meluap, akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi dalam sepekan ini, membuat areal persawahan dan rumah milik warga setempat yang berada di bantaran sungai terendam banjir.

Menurut Erna, warga Dusun Kedungceuri RT 08/RW 01 Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, ratusan hektar areal persawahan yang merupakan lumbung padi Kabupaten Ciamis kini terendam banjir. Akibatnya, para petani merugi karena sawah yang terendam sudah ditanami padi.

Hal senada disampaikan Mustopa yang jyga warga Dusun Kedungceuri. Dia mengatakan, banjir kali ini merupakan banjir terbesar dalam kurun wakt 15 tahun terakhir. Pasalnya, sebelumnya banjir belum pernah sampai merendam rumah warga. “ Biasanya banjir hanya merendam areal persawahan saja,” ujarnya.

Mustopa menambahkan, dengan terendamnya ratusan hektar sawah, dipastikan masa tanam petani kali mengalami puso. “ Kami meminta Pemkab Ciamis segera turun tangan ke lokasi untuk mengatasi masalah banjir yang hampir setiap tahun merendam persawahan warga,” pungkasnya. (Ntang/R2/HR-Online)