Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BanjarBantuan Kemiskinan Deras, RTSM di Banjar 12.376 KK

Bantuan Kemiskinan Deras, RTSM di Banjar 12.376 KK

Warga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), tampak antri menunggu panggilan dari petugas pembayaran di Kantor Pos Cabang Banjar. Photo: Nanang Supendi/HR.

20141208_081733

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Meski hanya memiliki 4 kecamatan, namun jumlah Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang tercatat di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjar, Jawa Barat mencapai 12.376 Kepala Keluarga (KK). Jumlah tersebut diperoleh dari data PPLS tahun 2011.

Angka sebesar itu dinilai cukup tinggi bagi Kota Banjar lantaran wilayahnya sangat kecil. Tingginya angka kemiskinan membuat Pemkot Banjar pada tahun 2014 ini, merealisasikan dana Program Keluarga Harapan (PKH).

“Baru akhir tahun ini secara resmi, saya luncurkan. Ini merupakan program pertama kali oleh Pemkot Banjar. Tujuannya adalah sejumlah warga bisa hidup layak dan menyekolahkan anak-anak mereka,” kata Staf Ahli Pemkot Banjar Bidang Ekonomi, Ide Suhendar, saat launching bantuan tunai bersyarat bagi Keluarga Sangat Miskin (KSM) peserta PKH, di hal belakang Kantor Pos Cabang Banjar, Senin (08/12/2014).

Dengan bergulirnya PKH ini, kata Ide, maka program penanggulangan kemiskinan yang diluncurkan oleh Pemkot Banjar menjadi bertambah. Sehingga, dalam beberapa tahun ke depan para KSM sudah seharunya dapat meningkatkan status sosialnya. (Nanang/Koran-HR)