Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita BanjarBLUD RSU Kota Banjar, Melayani dari Lubuk Hati

BLUD RSU Kota Banjar, Melayani dari Lubuk Hati

BLUD RSU Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR

BLUD RSU Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR
BLUD RSU Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Kota Banjar adalah rumah sakit pemerintah, hadir memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna, bermutu dan efisien. RSU Banjar selalu siap melayani masyarakat dengan rasa kekeluargaan yang memancar dari lubuk hati yang paling dalam. Hal ini sesuai motto dari BLUD RSU Kota Banjar, Melayani Dari Lubuk Hati.

Sesuai dengan visi yang dicanangkan yaitu, menjadi Rumah Sakit Unggulan dan Terpercaya di Priangan Timur. RSU Banjar sudah menjadi fasilitas kesehatan yang bukan hanya dikunjungi warga Banjar, tetapi juga warga dari Kabupaten Ciamis dan sejumlah daerah di wilayah Jawa Tengah.

Kemudian, dengan misi menyelenggarakan pelayanan prima, serta mengupayakan terpenuhinya pencapaian standar Rumah Sakit, maka RSU Banjar terus melakukan pengembangan dan pembaharuan fasilitas pelayanan, serta peningkatan pelayanan secara optimal sesuai dengan tuntutan dan perkembangan dunia kedokteran.

BLUD RSU Kota Banjar yang berlokasi di Jawa Barat bagian Timur ini, juga telah menyediakan beragam layanan kesehatan, mulai dari pemeriksaan dokter umum maupun dokter spesialis.

Untuk layanan pemeriksaan dokter spesialis meliputi penyakit dalam, penyakit bedah umum, penyakit anak, bedah orthopedi, penyakit syaraf, penyakit mata, psikiatri/jiwa, kandungan dan kebidanan, kulit dan kelamin, gigi dan mulut, THT, pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gizi.

Selain itu, kini sudah tersedia pula jenis pelayanan baru yaitu dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, rehabilitasi medik, penyakit paru, bedah syaraf dan dokter spesialis akupunktur.

Pemeriksaan ditunjang peralatan medis yang lengkap hingga layanan operasi seperti instalasi laboratorium (Patologi Klinik, Patologi Anatomi, Bank Darah), Instalasi Radiologi (CT Scan, USG, Rontgen), Instalasi Farmasi (24 jam), Instalasi Gizi, Instalasi Pemulasaran Jenazah, Instalasi Sanitasi Rumah Sakit (ISRS), Instalasi Pemeliharaan Rumah sakit, Instalasi Rehabilitasi Medik, Centra Sterile Supply Departemend (CSSD), Pelayanan Ambulance, EEG (Elektro Encepholograf) EKG (Elektro Kardiograf), EMG (Elektro Myelograf), Bronkhoscopy, Endoscopy, Echo (USG Jantung) dan Treadmil dengan pemeriksaan penunjang hingga layanan operasi.

Layanan kesehatan yang diberikan di RSU Kota Banjar berbasis pada layanan Satu Atap dalam gedung yang nyaman dengan tata ruang yang akurat. Dimana konsultasi dokter, pemeriksaan penunjang, tindakan operatif, layanan rawat inap hingga post rawat inap, dapat dilakukan di RSU Kota Banjar.

Dalam pembayaran pelayanan kesehatan tersebut, selain dilakukan secara umum bisa juga dilakukan melalui layanan BPJS dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Kota Banjar.

RSU Kota Banjar memahami benar bahwa kesembuhan dan keselamatan pasien, serta pengendalian infeksi dalam rumah sakit merupakan hal yang paling mendasar dan mutlak harus dilakukan. Untuk itu, penciptaan lingkungan yang kondusif, baik di bangsal perawatan maupun di seluruh area rumah sakit adalah hal yang paling utama bagi pihak RSU Kota Banjar.

Dalam hal kualitas sumber daya manusia, RSU Kota Banjar memastikan bahwa sumber daya manusia yang bekerja di RSUD Kota Banjar adalah mereka yang memiliki kompetensi dalam bidangnya. Hal tersebut dilakukan mulai dari perekrutan hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia, dengan tujuan agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan standart pelayanan kesehatan. (Nanang S/Koran-HR)