Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarDi Banjar, Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun Warga

Di Banjar, Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun Warga

Silih berganti warga melihat bunga Raflesia atau bunga bangkai yang tumbuh di kebun. Photo: Hermanto/HR.

_DSC0173

 

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Purwodadi, RT.9/4, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, digegerkan oleh penemuan bunga Raflesia di kebun milik Syamsudin (40), Senin (15/12/2014). Puluhan warga silih berganti untuk menyaksikan bunga langka tersebut.

Bunga Raflesia Arnoldi ini biasanya tumbuh di dalam hutan dan sangat sulit ditemukan. Namun, kini bunga bangkai tersebut mampu tumbuh di lahan kebun. Bunga berwarna ungu itu membuat masyarakat penasaran, sebab mereka belum pernah melihat secara langsung sehingga kebun milik Syamsudin pun banyak didatangi warga.

Bunga Raflesia berdiameter 50 centimeter dengan tinggi 40 centimeter, pertama kali ditemukan oleh Syamsudin ketika dirinya hendak ke kebun. Tapi, setibanya di kebun dia mencium aroma bau bangkai. Setelah didekati, ternyata aroma bau tak sedap itu berasal dari bunga Raflesia yang tumbuh di kebunnya.

“Karena baunya, saya pikir ada bangkai hewan atau apa, namun setelah diselidiki ternyata ada bunga bangkai yang tumbuh di kebun saya,” tutur Syamsudin, kepada HR , Senin (15/12/2014).

Sementara itu, Tarsudi (29), warga setempat, mengatakan, baru kali ini dirinya melihat bunga bangkai secara langsung. “Biasanya saya melihat hanya di televisi saja,” ujarnya.

Penemuan bunga bangkai tersebut kini menjadi buah bibir bagi masyarakat setempat. Bahkan, warga dari luar pun banyak yang datang ingin melihat langsung keindahan bunga Raflesia. (Hermanto/R3/HR-Online)