Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarDi Banjar, Warga Penerima PKH Pertanyakan Besar Dana Bantuan Berbeda

Di Banjar, Warga Penerima PKH Pertanyakan Besar Dana Bantuan Berbeda

Triswani, warga Dusun Sukamanah, Kelurahan/Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, menunjukkan dana bantuan PKH yang diterimanya. Photo: Nanang Supendi/HR.

penerima PKH

Banjar, (harapanrakyat.com)

Sejak hari Senin (08/12/2014), dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2014 di Kota Banjar, Jawa Barat, mulai disalurkan melalui Kantor Pos Cabang Banjar. Penyaluran bantuan tersebut akan berlangsung hingga Rabu (10/12/2014).

Pantaun HR Online di Kantor Pos Cabang Banjar saat pembagian hari kedua, Selasa (09/12/2014), sebagian masyarakat penerima bantuan dana kesehatan dan pendidikan melalui PKH 2014, mempertanyakan dana yang mereka terima. Pasalnya, besaran dana antara warga penerima satu dengan lainnya tidak sama.

“Saya dengan tetangga, jumlah uang yang diterima berbeda,padahal tanggungannya sama-sama 1 anak SMP dan 1 anak balita. Tapi saya tidak berani menanyakan masalah ini karena takut dibilang sudah dikasih bantuan malah banyak protes,” tutur Triswani, warga Dusun Sukamanah, Kelurahan/Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, saat dijumpai HR Online, Selasa (09/12/2014), di Kantor Pos Cabang Banjar.

Dia membandingkan, dirinya menerima sebesar Rp.300ribuan, sedangkan tetangganya menerima Rp.500 ribuan. Hal itu dipertegas Yuni, warga penerima bantuan yang masih satu kampung dengan Triswani. “Saya tahu persis kondisi keduanya, jadi heran juga kalau besarannya beda, padahal tanggungan anaknya sama,” ujar Yani.

Saat dikonfirmasi mengenai hal itu, salah seorang petugas pendamping PKH, Faturrohman, mengatakan, bilamana benar demikian, maka pihaknya akan mengeceknya lagi.

“Bisa saja warga yang satu itu anaknya tidak terdaftar sesuai prasyarat yang ditentukan, atau belum masuk di KK. Jelas bantuan yang diterimanya akan berbeda,” kilahnya. (Nanang/R3/HR-Online)