Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisDisdikbud Ciamis Agendakan Festival Film Bagi Pelajar SMA

Disdikbud Ciamis Agendakan Festival Film Bagi Pelajar SMA

Foto: Ilustrasi

agea

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis berencana menggelar perlombaan, berupa Festival Film Pelajar tingkat SMA/ SMK. Hal itu terungkap setelah Disdikbud menggelar acara workshop kesenian dan perfilman bagi siswa SMA dan SMK, belum lama ini.

Ketika ditemui HR, beberapa waktu lalu, Kasie Kesenian dan Perfilman, H. Dedi Kusmana, S.Pd., tidak menyangkal agenda Disdikbud untuk menggelar Festival Perfilman bagi kalangan pelajar SMA/ SMK tersebut.

Dedi mengungkapkan, pada kegiatan workshop kesenian dan perfilman, peserta dari kalangan pelajar SMA/ SMK mendapatkan sejumlah teori serta praktek. Para pelajar juga berkesempatan untuk memproduksi film pendek, mlai dari pengambilan gambar sampai proses editing.

“Ternyata saya lihat mereka berhasil memproduksi film pendek dengan baik,” kata Dedi.

Kedepan, kata Dedi, pihaknya berharap setiap SMA/ SMK menyiapkan kegiatan ekstrakulikuler Sinematografi untuk memfasilitasi serta mengembangkan minat dan bakat para peserta didik.

“Kami (Disdikbud) akan terus melakukan pembinaan secara kontinyu,” ucapnya.

Sementara itu, Agun, peserta didik asal SMA Informatika Ciamis, mengaku mendapat wawasan baru setelah mengikuti workshop perfilman yang diselenggarakan Disdikbud Kabupaten Ciamis.

Selama dua hari mengikuti workshop itu, Agun juga menjadi tahu tentang tata cara pembuatan film, dan trik mengambil gambar yang baik. ”Kebetulan saya juga hobi dalam IT. Bahkan saya masuk di ekstrakulikuler (Bocah Lab). Saya dan teman-teman yang lain suka membuat film-film pendek dengan peralatan seadanya,” ujarnya. (DSW/Koran-HR)