Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisDisdikbud Ciamis Belum Lakukan Pemetaan 401 PNS Guru Baru

Disdikbud Ciamis Belum Lakukan Pemetaan 401 PNS Guru Baru

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis sampai saat ini belum melakukan perubahan tempat tugas guru Honorer yang baru diangkat PNS pada tahun 2104 ini. Karenanya, mereka masih melaksanakan tugas guru di sekolah tempat asal.

Kepala Disdikbud Kabupaten Ciamis, Drs. Toto Marwoto, Senin (15/12/2014), membenarkan, sampai saat ini Disdikbud Ciamis belum melakukan pemetaan tempat penugasan terhadap guru PNS yang baru diangkat pada tahun ini.

“Penempatan sekarang ini disesuai dengan SK Bupati Ciamis, sementara jika mereka nantinya dipindah tugaskan, akan disesuiakan dengan kebutuhan guru di sekolah. Sebab sekolah memiliki database keperluan tenaga guru,” ungkapnya.

Untuk pementaan dan penugasan guru, lanjut Toto, apabila masa kerja mereka sudah seratus persen dan itu disesuaikan dengan kekurangan dan kelebihan guru di sekolah, sehingga kini mereka tetap mengajar di sekolah dimana mereka dulunya menjadi tenaga honorer.

“Kebutuhan guru memang sangat penting di sekolah, terutama guru kelas berstatus PNS. Pengangkatan guru honorer kategori II menjadi PNS jelas sangat berpengaruh sekali terhadap dunia pendidikan Ciamis,” jelasnya.

Menurut Toto, saat ini jumlah tenaga honorer kategori II yang diangkat PNS sebanyak 401 orang guru dan tenaga teknis yang terbagi di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK).

Kabid Kepegawaian Disdikbud Ciamis, Rachmat, mengatakan, seharunya jumlah honorer Kategori II di lingkungan Disdikbud yang menjadi PNS 402 orang. Akan tetapi ada salah seorang diantaranya yang meninggal dunia saat pemberkasan.

“Guru yang meninggal itu dari SMAN 1 Banjarsari. Dia meninggal saat proses pemberkasan, sehingga dia tidak menjadi PNS,” jelasnya. (es/Koran-HR)