Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BanjarDitinggal Pemiliknya, Sebuah Rumah di Banjar Nyaris Ludes Terbakar

Ditinggal Pemiliknya, Sebuah Rumah di Banjar Nyaris Ludes Terbakar

Bagian dapur rumah Sapri dan Suhartati, warga Desa Kujangsari, Kec. Langensari, Kota Banjar, yang hampir ludes terbakar. Photo: Hermanto/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebuah rumah di Dusun Sindangmulya, RT.6/11, Desa Kujangsari, Kecamatan, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barta, terbakar. Peristiwa itu terjadi Kamis pagi (11/12/2014), sekitar jam 08.00 WIB.

Menurut Sapri (60) dan Suhartati (50), pemilik rumah, kebakaran terjadi akibat dari sabut kelapa dan kayu bakar dikeringkan di atas tungku yang masih ada bara apainya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian mencapai Rp.15 juta.

“Setelah selesai memasak, saya mengeringkan kayu bakar dan sabut kelapa di atas tungku. Kemudian saya pergi ke rumah tetangga yang sedang hajatan, sedangkan suami sedang pergi ke sawah,” tutur Suhartati, kepada HR, di lokasi kejadian.

Berselang setengah jam, tiba-tiba rumahnya sudah terbakar. Seketika itu pula tanpa dikomando, salah seorang warga, Yusman (40), mengumumkan melalui pengeras suara di mesjid bahwa ada kejadian kebakaran.

Warga pun langsung berduyun-duyun menyelamatkan barang-barang dan membantu memadamkan api. “Kami langsung membantu memadamkan api dengan cara mengambil air dari kolam ikan yang ada di dekat rumah Pak Sapri,” kata Yusman.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Banjar, tiba di lokasi sekitar jam 08.45 WIB, namun api sudah berhasil dipadamkan oleh warga.

Kepala Desa Kujangsari, Siti Aisyah, beserta pihak BPBD, memberikan bantuan berupa makanan siap saji dan logistik, seperti tikar dan terpal. Hal itu untuk sedikit meringankan beban yang dialami korban.

“Selain itu, kami dari pihak pemerintah desa memberikan bantuan berupa sejumlah uang. Sedangkan bantuan logistik dari pihak BPBD,” kata Siti. (Hermanto/R3/HR-Online)