Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisEstetika Kawasan Taman Raflesia Ciamis Terganggu

Estetika Kawasan Taman Raflesia Ciamis Terganggu

Peringatan larangan pemasangan reklame yang terpampang di sudut taman raflesia alun-alun Ciamis. Peringatan ini sepertinya tidak diindahkan oleh para pemasang reklame. Photo : Heri Herdianto/ HR

larangan reklame

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2012, tentang larangan pemasangan reklame di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sepertinya tidak digubris sejumlah kalangan, termasuk perusahaan swasta. Pasalnya, masih banyak reklame iklan yang terpasang di sejumlah titik yang dilarang, salah satunya di kawasan Taman Raflesia Alun-alun.

Didi Kardi (38), seorang pengendara motor, ketika ditemui di kawasan Alun-alun, Senin (22/12/2014), mengatakan, para pemasang reklame sepertinya tidak mengindahkan aturan (Perda) pemasangan reklame yang terpampang di salah satu sudut alun-alun tersebut.

Meski sudah diperingati, kata Didi, buktinya masih banyak reklame berukuran besar yang memadati sudut-sudut taman raflesia alun-alun itu. Dia menilai, pemasangan reklame di taman justru merusak estetika pusat kota Ciamis.

Didi berharap, institusi yang berwenang untuk menegakkan peraturan daerah (Perda) untuk turun tangan mencabut reklame-reklame yang sengaja dipasang di daerah-daerah terlarang. Dia juga meminta para pemasang reklame ditindak tegas karena sudah merusak keindahan kota.

Senada dengan itu, Dede Darsih (42), warga asal Sadananya, mengamini, akibat pemasangan reklame yang sembarangan, wajah kota Ciamis menjadi terkesan semrawut dan kumuh. Dia berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis lebih mempertegas keberadaan peraturan daerah tersebut. (Heri/Koran-HR)