Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisGorong-gorong Ambrol, Jalan Penghubung Cisadap-Cikoneng Ciamis Terputus

Gorong-gorong Ambrol, Jalan Penghubung Cisadap-Cikoneng Ciamis Terputus

Gorong-gorong yang berada di atas jalan ambrol. Akibatnya, jalan penghubung antara Desa Cisadap dengan Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng, terputus. Foto: Heri Herdianto/HR

KETFOT: Jalan Desa Cisadap yang menghubungkan Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng terputus total karena gorong-gorong di dusun Desa, abrol tergerus aliran irigasi Situhapa, jalan tersebut tidak bisa dilintasi baik roda empat maupun roda dua, Jumat (26/12/2014). ANTHIKA ASMARA / KP

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Gorong-gorong drainase saluran air yang berada di bawah jalan aspal, di Dusun Cisadap, Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, ambrol setelah terjadi hujan lebat yang mengguyur daerah Ciamis dan sekitar dalam sepekan ini. Akibatnya, jalan penghubung antara Desa Cisadap dengan Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng, kini terputus.

Akibat ambrolnya gorong-gorong ini, juga membuat sejumlah kolam ikan milik warga setempat terkena imbas. Pasalnya, ketika matrial gorong-gorong ambrol, langsung menutupi saluran air. Hal itu pun membuat air yang deras akhirnya meluap dan meluber ke sejumlah kolam ikan yang berada di sekitar gorong-gorong.

“Gorong-gorong ini sudah lama tidak diperbaiki dan umur bangunannya sudah tua. Ketika hujan lebat terus mengguyur daerah ini akhirnya ambrol. Mungkin akibat kontruksi yang sudah lapuk dimakan usia yang menjadi penyebabnya,” kata Kepala Desa Cisadap HM Muslih, Jum’at (26/12/2014).

Muslih mengatakan, dengan banyaknya bencana yang melanda desanya, Pemkab Ciamis diharapkan bisa segera turun tangan untuk membantu kesulitan warganya. “Setiap terjadi bencana, kami langsung melaporkan ke Pemkab Ciamis. Karenanya, kami meminta Pemkab untuk memberi perhatian kepada desa kami,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)