Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita BanjarGunungan Sampah di TPA Cibeureum Kota Banjar Kembali Longsor

Gunungan Sampah di TPA Cibeureum Kota Banjar Kembali Longsor

Kepala DCKTLH Kota Banjar, Yoyo Suharyono, saat meninjau lokasi gunungan sampah TPA Cibeureum yang kembali longsor, Minggu (21/12/2014). Foto: Hermanto/HR

Gunungan Sampah di TPA Cibeureum Kota Banjar Kembali Longsor

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang mengguyur Kota Banjar dalam 3 hari terakhir ini mengakibatkan gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Dusun Babakan Desa Cibeureum Kecamatan Banjar, kembali longsor.

Longsor terjadi Sabtu (20/12/2014), sekitar pukul 17.00 WIB. Ketika itu hujan deras tengah mengguyur wilayah Kota Banjar. Akibatnya material longsoran sepanjang 100 meter dan ketinggian sampah campur tanah kira-kira 2 sampai 3 meter kembali menimbun jalan penghubung dua desa yaitu desa Cibeureum dan Desa Jajawar.

Akibat akses jalan tertutup material sampah dan tanah, warga pun yang khendak keluar masuk wilayah desa, terpaksa harus memutar jalan yang lebih jauh jaraknya.

Kepala Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang, dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar, Yoyo Suharyono, mengatakan, kembalinya longsor tersebut diakibatkan karena curah hujan yang cukup tinggi dan karena penataan akibat longsor sebelumnya belum selesai.

“Terlebih dulu, kami akan berkonsentrasi untuk membuka akses jalan dulu, supaya dapat dilalui warga,”ujarnya, kepada HR, Minggu (21/12/2014).

Dalam kejadian longsor tersebut, meskipun tidak ada korban jiwa, namun warga mengalami kerugian akibat tanaman padi mereka tertimbun kembali oleh longsoran material sampah dan tanah. (Hermanto/R2/HR-Online)