Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisHindari Bencana, DCKKTR Ciamis Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Hindari Bencana, DCKKTR Ciamis Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Photo Ilustrasi

Halangi Kendaraan, Pohon Beringin Tumbang di Jalan Raya Kertahayu Ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Menghadapi musim penghujan tahun ini, Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Ciamis berencana melakukan pemangkasan terhadap sejumlah pohon yang rawan tumbang di wilayah perkotaan.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DCKKTR Ciamis, M. Mardiana, Senin (22/12/2014), mengatakan, upaya pemangkasan pohon itu sengaja dilakukan lantaran curah hujan yang disertai angin kencang beberapa hari belakangan ini cukup membuat khawatir warga.

“Selain itu, banyak pohon yang berada jalur hijau perkotaan Ciamis yang belum mengalami pemangkasan,” ujarnya.

Menurut Mardiana, pohon yang akan dipangkas pihaknya antara lain yang berada di Jalan Iwa Kusuma Somantri, kawasan Pendopo Ciamis, dan di kawasan Jalan Achmad Yani. Saat ini, kondisi pohon di kawasan itu sudah cukup tinggi dan rimbun.

“Kami sudah perintahkan petugas kebersihan agar segera melakukan pemangkasan pohon. Ini juga sebagai upaya menindaklanjuti peristiwa yang yang terjadi di wilayah Kecamatan Kawali,” tandasnya.

Sementara itu, Kasi Kebersihan dan Pemakaman, Carli, mengatakan, sesuai dengan instruksi pimpinan, sejumlah pohon yang kondisinya rawan tumbang sudah dipangkas. Diantaranya pohon yang berada di kawasan Pendopo Ciamis.

Carli menuturkan, saat ini pihaknya masih melakukan pemilahan pohon yang berada di jalur Propinsi. Pemangkasan tersebut juga ditujukan untuk mengurangi ketinggian pohon yang berada di jalur hijau. (es/Koran-HR)