Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarIni Cerita Makhluk Halus yang Sering ‘Nonghol’ di Lapas Gunung Putri Banjar

Ini Cerita Makhluk Halus yang Sering ‘Nonghol’ di Lapas Gunung Putri Banjar

Bangunan Lapas Kelas 3 B Kota Banjar, tampak dari depan. Berdasarkan cerita dari para petugas maupun warga binaan, di areal Lapas sering terlihat adanya penampakan makhluk halus. Photo: Hermanto/HR

Ini Cerita Makhluk Halus yang Sering ‘Nonghol’ di Lapas Gunung Putri Banjar

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Mendengar kata makhluk halus pasti banyak orang yang merasa takut. Padahal, makhluk ghaib tersebut berada di sekitar kita. Walaupun hingga saat ini masih menjadi perdebatan tentang wujudnya, namun banyak orang mengatakan bahwa makhluk halus biasanya berada di bangunan tua, pohon besar dan rimbun, atau di tempat-tempat yang “harieum” lainnya.

Di Kota Banjar sendiri, peristiwa penampakan mahluk gaib itu kerap terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) lokasi bangunannya terletak di atas Bukit Putri, Lingkungan Pangadegan, Kelurahan/Kecamatan Pataruman.

Bila dilihat dari kejauhan, bangunan Lapas tersebut terlihat indah, apalagi saat malam hari. Bahkan, bangunan tersebut tampak seperti kastil kuno yang berdiri kokoh di atas bukit. Namun, dibalik semua keindahan itu, terselip ada cerita mistis yang menarik dan membuat penasaran.

Tak heran bagi warga sekitar bila makhluk halus sering muncul di areal Lapas terindah di Jawa Barat ini. Berdasarkan cerita warga setempat, bahwa makhluk halus yang sering muncul di sekitar Lapas itu adalah penunggu Bukit Putri sebelum Lapas tersebut dibangun.

Menurut warga, penampakan sosok makhluk halus di lokasi tersebut cukup beragam jenisnya, mulai dari sosok kuntilanak, genderwo, dan jenis makhluk halus lainnya.

“Dulu, sebelum Lapas ini dibangun, di bukit itu memang banyak dihuni makhluk halus, bisa jadi itu adalah sebuah kerajaan “bangsa lelembut onom” di sana,” tutur Dede Sudiaman, salah seorang warga Pangadegan, Kel/Kec. Pataruman.

Cerita serupa juga diungkapkan Ujang, seorang warga binaan di Lapas Banjar. dia mengaku, setiap malam Jum’at sering mencium aroma bau kemenyan, mendengar suara-suara aneh, bau amis, bahkan sering mencium bau minyak wangi duyung yang biasa digunakan untuk orang mati.

“Biasanya setiap malam Jum’at, saya sering mendapatkan kejadian aneh di sini. Awalnya memang takut, tapi lama-lama sudah terbiasa,” kata Ujang, saat ditemui HR, Jum’at malam (05/12/2014).

Andri, warga binaan lainnya, juga mengatakan hal sama. Menurut dia, jika sedang di dalam kamar tahanan, dirinya bersama teman sekamarnya sering diganggu makhluk halys tersebut, mulai dari suara orang mandi dan suara perempuan yang sedang menyanyi. Padahal di tempat ini seluruh warga binaannya adalah laki-laki.

“Wah kalau diceritakan semuanya bikin makin takut. Tapi di sini saya memang sering mendengar suara-suara aneh,” kata Andri sambil “ngabirigidig”.

Sementara itu, Kepala Lapas Banjar, Drs. Dadang Sudrajat, membenarkan jika di sekitar Lapas sering terjadi hal-hal aneh di luar pikiran dan akal sehat manusia. Dirinya pun mengalami kejadian serupa, dimana ia pernah dua kali melihat penampakan sosok makhluk halus.

Pertama ia melihat sosok makhluk halus berwujud perempuan berambut panjang di dekat pintu gerbang Lapas, dan yang kedua melihat sosok makhluk tinggi besar hitam di sekitar ruang tahanan Blok B.

“Saya memang pernah mengalami hal itu di sini, namun saya tidak khawatir dan takut, karena semua tugas ataupun pekerjaan saya tidak sampai terganggu dengan keberadaan mereka (makhluk halus-red),” tuturnya.

Dadang juga mengatakan, selama ini petugas yang ada di Lapas sudah terbiasa dengan hal seperti itu, sehingga tidak merasa khawatir bila ada kejadian-kejadian aneh di luar akal manusia yang kerap terjadi di areal Lapas Kelas 3 B ini.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Banjar, KH. Ridwan Mansyur, mengatakan, keberadaan makhluk halus yaitu Jin memang benar adanya. Namun, mereka itu sama-sama makhluk ciptaan Tuhan.

Dia menuturkan, sebelum manusia diciptakan, Allah SWT menciptakan Jin terlebih dahulu. Makhluk Jin yang sering mengganggu adalah Jin Kafir. Mereka sering menggoda menusia disaat imannya lemah, dan manusia tidak perlu takut akan keberadaannya, sebab derajat mereka lebih lebih rendah dari manusia.

“Keberadaan mereka memang ada, namun sebagai manusia, kita harus  beriman kepada Allah SWT, sehingga apapun jenis gangguannya dari mereka, Insya Allah kita pasti kuat,” kata Ridwan. (Hermanto/Koran-HR)