Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita CiamisJalur Alternatif Baregbeg- Sukadana Ciamis Rusak Parah

Jalur Alternatif Baregbeg- Sukadana Ciamis Rusak Parah

Kondisi jalur alternatif menuju Kecamatan Sukadana yang cukup memprihatinkan. Photo: Heri Herianto/ HR

Jalur Alternatif Baregbeg- Sukadana Ciamis Rusak Parah

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jalan sepanjang lima kilometer yang melintasi Desa Sukamaju dan Desa Petir Kecamatan Baregbeg, tepatnya jalur alternatif menuju Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya rusak parah. Sebagian besar pengguna jalan dan warga menyayangkan sikap Pemerintah Kabupaten Ciamis yang sampai saat ini masih terkesan diam dan belum merealisasikan perbaikan jalan.

Dadan Hermawan (38), pengguna jalan asal Sukadana, ketika ditemui HR, Senin (8/12/2014), mengatakan, jalan yang saat ini kondisinya rusak itu merupakan akses vital bagi warga Baregbeg dan warga Sukadana. Alasannya, akses jalan tersebut membantu memperlancar aktifitas perekonomian warga.

“Sayangnya, kondisi fisik infrastruktur jalan saat ini justru menghambat aktifitas warga. Kondisinya rusak parah, jalanan berlubang dan berbatu, dan kalau hujan, jalan menjadi licin,” ucapnya.

Senada dengan itu, Darsa (50), warga Sukamaju, mengamini keluhan terkait kondisi infrastruktur jalan di wilayah tersebut. Bahkan menurut dia, kerusakan jalan tersebut terkesan dibiarkan tanpa ada perhatian.

Lebih lanjut Darsa mengungkapkan, sebenarnya sebagian jalan itu sudah diperbaiki satu tahun lalu. Tetapi belum total diperbaiki, hanya sistem tambal sulam. Selain itu, upaya itupun tidak disertai perbaikan saluran irigasi. Soalnya saat hujan, air dari saluran justru menggenangi badan jalan.

Kerusakan jalan tersebut juga sering menelan korban. Menurut Darsa, tidak sedikit pengendara roda dua yang terperosok jatuh saat melindas lubang yang menganga di tengah jalan tersebut.

Akibat kondisi itu, warga mencoba melakukan upaya protes dengan menanam pohon pisang di tengah jalan. Warga berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis segera mengagendakan perbaikan terhadap kondisi jalan tersebut. (heri/Koran-HR)