Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita BanjarLapas Banjar Terima 100 Pohon dari Walikota

Lapas Banjar Terima 100 Pohon dari Walikota

Walikota Banjar menyerahkan 100 bibit pohon kepada Kalapas Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Dadang Sudrajat _kalapas banjar

 

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Banjar, menerima 100 bibit pohon dari Walikota Banjar, Jum’at (05/12/2014), untuk ditanam di kawasan Lapas guna mensukseskan gerakan tanam 1 miliar pohon di seluruh Indonesia.

Bibit pohon yang diberikan diantaranya pohon buah mangga, rambutan, dan durian. Namun adapula pohon yang nantinya dapat dimanfaatkan kayunya, seperti mahoni dan albasia.
Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP., M.Si., mengatakan, menanam pohon wajib dilakukan karena dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.

“Bibit-bibit pohon yang ditanam kebanyakan tanaman buah, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Ade, kepada HR Online.

Sebelum menyerahkan 100 bibit pohon ke Lapas Banjar, Walikota beserta rombongan melakukan penanaman pohon di kawasan PTP Curug Taneuh, Kelurahan/Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Kepala Lapas Kota Banjar, Drs. Dadang Sudrajat, M.Si., mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Banjar yang telah banyak memberikan sumbangsihnya. “Atas sumbangsihnya itu kami dapat menanam pohon untuk penghijauan di negeri ini,” ujarnya.

Dadang menambahkan, dengan menanam pohon diharapkan mampu mereduksi dampak perubahan iklim, karena dalam satu pohon dapat menghasilkan 20 juta kandungan oksigen yang dihirup masyarakat. Untuk itu, gerakan menanam pohon harus terus digelar dan dilakukan secara kontinyu.

“Namun, keberhasilan program ini membutuhkan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, sehingga hal ini dapat mendukung suksesnya gerakan penanaman 1 milyar pohon yang dilakukan serentak di Indonesia,” pungkas Dadang. (Hermanto/R3/HR-Online)