Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisMalam Tahun Baru, Kendaraan Dilarang Masuk Kawasan Alun-alun Ciamis!

Malam Tahun Baru, Kendaraan Dilarang Masuk Kawasan Alun-alun Ciamis!

Jalan yang berada di kawasan Alun-alun dan Taman Raflesia Ciamis. Foto: Dokumentasi HR

Malam Tahun Baru, Kendaraan Dilarang Masuk Kawasan Alun-alun Ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Perhubungan dan Hubinfo Kabupaten Ciamis akan menutup akses masuk kendaraan menuju kawasan jantung kota atau di sekitaran Alun-alun dan Taman Raflesia Ciamis, mulai pukul 18.00 WIB, Rabu (31/12/2014) sore ini. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan pada malam tahun baru.

“Mulai pukul 18.00 petang, akses menuju Alun-alun dari seluruh arah akan kami tutup selama malam tahun baru ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Hubinfo Ciamis, Aaf Saefulloh, kepada HR, Rabu (31/12/2014) sore.

Aep menjelaskan, pihaknya akan memberlakukan sistem car free night untuk di kawasan Alun-alun dan Taman Raflesia selama malam tahun baru. Artinya, siapapun warga yang ingin masuk kawasan itu, harus berjalan kaki dan dilarang menggunakan kendaraan.

“Kendaraan bisa diparkir di jalan Pemuda atau di jalan Galuh. Kami pun sudah menempatkan juru parkir di kawasan yang sudah disiapkan untuk parkir kendaraan,” ungkapnya.

Aep menjelaskan, selama malam tahun baru, kendaraan yang datang dari arah Tasikmalaya menuju Banjar, akan dibelokan di perempatan Tonjong dengan menggunakan akses Jalan Siliwangi dan Jalan Yos Sudarso. Semantara kendaraan yang dari arah Banjar, akan dibelokan di perempatan Kodim menuju Pasar Ciamis, Jalan Gayam hingga ke perempatan Lokasana.

“Sementara untuk kendaraan besar, seperti Bus dan Truk, akan kita alihkan ke jalan Lingkar Selatan. Nanti akan dibelokan di perempatan Bojong Cijeungjing,” ujarnya.

Aep mengatakan, langkah itu dilakukan agar tidak terjadi kemacetan di jantung kota Ciamis selama perayaan tahun baru. “ Karena belajar dari tahun sebelumnya, setiap tahun baru selalu terjadi kemacetan kendaraan di kawasan Alun-alun. Makanya, kita melakukan upaya agar kemacetan bisa diatasi pada malam tahun baru saat ini,” terangnya. (Her/R2/HR-Online)