Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarMeski Pendonor Turun, Stok Darah di PMI Banjar Aman

Meski Pendonor Turun, Stok Darah di PMI Banjar Aman

PMI Banjar saat menggelar kegiatan donor darah di halaman RSU Kota Banjar. Photo: Nanang Supendi/HR.

IMG_20141226_115650

 

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Meski jumlah pendonor terus mengalami penurunan, namun menjelang akhir tahun 2014, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjar, Jawa Barat, memastikan stok darah yang ada di PMI aman.

“Kami sedang mengusahakan stok darah di tahun baru nanti terpenuhi. Saat ini juga sedang gencar menggelar donor darah dengan cara melakukan jemput bola. Untuk bulan ini masih bisa dibilang aman sampai akhir tahun,” kata Kepala Operasional Lapangan PMI Kota Banjar, Endang, kepada HR Online, saat menggelar kegiatan donor darah di RSU Banjar, Rabu (24/12/2014).

Pihaknya juga tidak menampik, bahwa persediaan untuk rentang waktu tertentu terkadang mengalami kekurangan stok.Hal itu ditenggarai akibat jumlah pendonor yang semakin menurun.

“Fluktuasi persedian stok darah suatu hal wajar. Adanya penurunan jumlah pendonor, kami selalu diantisipasi agar kebutuhan darah masyarakat tidak sampai terabaikan,” tukas Endang.

Namun demikian, lanjut Endang, hingga akhir bulan Desember ini, stok yang ada masih sesuai dengan kebutuhan darah di PMI Kota Banjar. Sehingga, penurunan jumlah pendonor belum berpengaruh terhadap persediaan darah.

Selain tetap mengoperasionalkan layanan donor darah di UDD PMI Banjar, setiap harinya sesuai jadwal rutin dan permintaan instansi pemerintah, sekolah maupun perusahaan, PMI Kota Banjar memberikan layanan jemput bola ke lokasi tersebut, serta di sejumlah tempat umum.Layanan jemput bola dinilai cukup efektif untuk menjaga stok persediaan darah. (Nanang/R3/HR-Online)