Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita PangandaranNelayan Pangandaran Dukung Kebijakan Penenggelaman Kapal Asing

Nelayan Pangandaran Dukung Kebijakan Penenggelaman Kapal Asing

Sejumlah nelayan Pangandaran, tengah bersiap-siap untuk melakukan aktivitas menangkap ikan, di perairan selatan Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

NTANG_111214_NELAYAN SETUJU KAPAL ASING DITENGELAMKAN_2 003

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Tindakan tegas pemerintah melalui TNI, Polri dan Kementrian Kelautan dan Perikanan, yang menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia, ternyata mendapat apresiasi dan dukungan dari para nelayan, terutama nelayan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Para nelayan menyatakan dukungan terhadap tindakan tegas pemerintahan tersebut. Menurut mereka, aksi pencurian ikan yang dilakukan kapal asing tidak hanya mengeruk hasil alam Indonesia saja, tetapi juga sering kali merusak ekosistem laut. Pasalnya, dalam aksi pencuriannya, kapal asing kerap kali menggunakan bahan peledak.

Amin, Nelayan Pangandaran, mengatakan, tindakan tegas pemerintah itu harus dilakukan secara terus menerus dan jangan hanya dilakukan pada saat di awal pemerintahan Presiden Jokowi saja.

“Kita minta pemerintah jangan sampai berhenti menangkap kapal asing yang mencuri ikan di perairan kita. Kami para nelayan sangat mendukung, biar para pencuri ikan jera dan tidak mengulangi perbuatannya,” katanya, kepada HR, Jum’at (12/12/2014).

Hal senada dikatakan Acong, yang Nelayan Pangandaran. Dia menilai tindakan tegas pemerintah itu sudah tepat. Namun, dia menyarankan agar ke depan pemerintah tidak melakukan eksekusi penenggelaman kapal, tetapi cukup saja kapal dan hasil tangkapan ikannya disita.

“Meski disita, tetapi kapalnya tidak dikembalikan lagi kepada orang asing tersebut, namun menjadi aset pemerintah,” katanya.

Setelah kapal yang disita itu menjadi milik pemerintah, lanjut Acong, kemudian dibagikan kepada nelayan kecil yang tersebar di Indonesia. “ Itu cuma masukan saja. Karena sayang juga kalau kapal asing itu dibom terus ditenggelamkan. Lebih baik disita saja dan diberikan kepada nelayan,” sarannya.

Acong mengatakan, selain menyita kapal asing, dirinya pun meminta kepada pemerintah membuat regulasi mengenai hukuman berat bagi kapal asing yang melakukan pencurian ikan. “ Lebih baik hukumannya diperberat untuk menimbulkan efek jera, dari pada tindakan menenggelamkan kapal,” tegasnya. (Ntang/R2/HR-Onine)