Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisObjek Wisata Hutan Pinus Darmacaang Ciamis Harus Dikelola Profesional

Objek Wisata Hutan Pinus Darmacaang Ciamis Harus Dikelola Profesional

Kawasan Objek Hutan Pinus Darmacaang, Cikoneng, Ciamis. Photo : Deni Supendi/ HR

Pinus-Darmacaang

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, mengisyaratkan agar pengelolaan Kawasan Objek Wisata Hutan Pinus “Darmacaang” dilakukan secara profesional. Pernyataan itu menyusul terkait wacana akan dibukanya kembali kawasan objek wisata yang sudah ditutup sejak hampir tiga tahun lalu.

Kepala Desa Darmacaang, Suherli, melalui Kaur Umum, Memet, Senin (8/12/2014), menyatakan, bahwa sebenarnya pembukaan kembali kawasan objek wisata yang berada di wilayahnya itu tidak mesti melibatkan pihak desa.

“Toh, lokasi hutan pinus itu tidak ada di peta desa kami. Desa kami hanya memiliki infrastruktur jalan yang mungkin dilalui atau digunakan oleh pengunjung. Sedangkan lokasi kawasan itu sebenarnya milik Perum Perhutani,” katanya.

Namun demikian, kata Memet, kawasan itu sedikit banyak memberikan manfaat positif bagi warga yang berada di sekitar kawasan untuk melakukan usaha perdagangan. Banyak warga terbantu, karena mereka bisa mendapatkan penghasilan dari keberadaan kawasan wisata Pinus.

Pada kesempatan yang sama, Memet juga mengungkapkan persoalan yang menyebabkan kawasan objek wisata pinus itu ditutup oleh salah satu ormas Islam. Diakuinya, saat itu ada penilaian negatif terhadap pemanfaatan kawasan objek wisata pinus. Area itu dituding sering dijadikan tempat ‘mesum’ oleh kalangan remaja yang sedang kasmaran.

“Karena penilaian itu, akhirnya kawasan objek wisata ditutup,” ucapnya.

Lebih jauh, Memet menuturkan, pihaknya siap membantu memfasilitasi untuk mengumpulkan para tokoh masyarakat atau stakeholder yang ada di wilayahnya, apabila Perum Perhutani ataupun Pemerintah Kabupaten Ciamis berencana membuka kembali kawasan objek wisata tersebut.

“Apabila kami diminta memfasilitasi pertemuan dengan para tokoh masyarakat (stakeholder), itu kami siap. Soal usulan, kami tidak berhak mengusulkan. Kecuali, mungkin masyarakat yang tergabung dalam LMDH (Lembaga Masyakat Desa Hutan) Pinus Darmacaang yang ada di bawah binaan Perum Perhutani,” tandasnya. (Deni/Koran-HR)

Berita Terkait

Hutan Pinus Darmacaang Ciamis Sempat Diwacanakan Jadi Wisata Keramat

LPI Tolak Kawasan Objek Wisata Hutan Pinus Darmacaang Dibuka

Perhutani Bersedia Buka Kembali Kawasan Objek Wisata Darmacaang Ciamis

Objek Wisata Hutan Pinus Darmacaang Minta Kembali Dibuka