Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarPemkot Banjar Nyatakan 17 Desa/Kelurahan Telah SadarKum

Pemkot Banjar Nyatakan 17 Desa/Kelurahan Telah SadarKum

Foto: Ilustrasi Ist/Net.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemkot Banjar melalui Kabag Hukum Setda Kota Banjar, Maryamah SH., menyatakan, dari 26 Desa/Kelurahan yang ada, sebanyak 17 Desa/Kelurahan telah Sadar Hukum (SadarKum).

“Desa/Kelurahan sadar hukum di kota Banjar pada tahun 2014 telah mencapai 70%. Pencapain itu merupakan upaya masyarakat dan pemerintah kota,” ucapnya, saat menjadi narasumber penyuluhan hukum yang digelar HKTI Kota Banjar, di Aula BWP, Jumat, (19/12/2014).

Terwujudnya Desa/Kelurahan SadarKum, lanjut Maryamah, atas keinginan masyarakat terhadap kenyamanan dan keamanan kehidupan sehari-hari.

“Kriteria itu jelas. Seperti membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) mencapai 90% lebih, tidak terdapat perkawinan dibawah usia, angka kriminalitas rendah, kasus narkoba rendah, tingginya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan serta kelestarian lingkungan, dan rendahnya angka putus sekolah untuk wajib belajar,” paparnya.

Capain itu lanjut Maryamah, merupakan pembinaan dari pihaknya kepada kelompok Kadarkum di setiap Desa dan Kelurahan, dengan mengadakan pertemuan rutin.

“Kedepan, kami akan terus melakukan pembentukan Kadarkum di Desa atau Kelurahan yang belum terbentuk. Supaya capaian target seluruh wilayah di Kota Banjar bisa terbentuk, dan menjadi Kota Sadar Hukum,” tukasnya. (Nanang S/R1/HR-Online)