Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPengerukan Sungai Cilisung di Purwadadi Ciamis Minta Cepat Direalisasikan

Pengerukan Sungai Cilisung di Purwadadi Ciamis Minta Cepat Direalisasikan

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, bersama rombongan saat melakukna peninjauan di wilayah Manganti, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, beberapa waktu lalu. Photo : Andri S Hamara/ HR

DCIM100MEDIA

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Keluhan terkait saluran pengairan yang dirasakan para petani di Dusun Manganti, Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis sedikti terobati. Pasalnya saat ada kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin menjanjikan upaya pengerukan terhadap kondisi saluran spon dan apur Sungai Cilisung.

Menurut keterangan warga yang hadir, Bupati Ciamis akan berkordinasi dengan balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy dan menginstruksikan kepada instansi terkait, untuk menangani masalah yang dihadapi para petani di wilayah Purwadadi dan sekitarnya itu.

Kepala BP3K Kecamatan Purwadadi, H. Jayusman, beberapa waktu lalu, mengaku sangat bersyukur, karena jajaran Pemerintah Kabupaten Ciamis turun langsung ke lapangan untuk meninjau secara langsung kondisi yang selama ini dialami para petani.

Jayusman berharap, pengerukan apur kali Cilisung dan penyedotan spon, yang disampaikan Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, bisa segera terealisasi. Apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Bila pengerukan dan penyedotan yang diminta tidak segera dilaksanakan, petani pastinya akan kewalahan mengahadapi masalah banjir.

“Yang biasa terkena dampak adalah wilayah Lakbok dan Purwadadi. Hampir setiap musim hujan area pesawahan yang di kedua wilayah itu, khususnya Desa Karangpaningal, Sidarahayu, Purwajaya, Sukamulya, Kutawaringin dan Padaringan, jadi langganan banjir,” kata Jayusman.

Senada dengan Kepala Desa Sidarahayu, Dede Sunari, meminta agar program pengerukan tersebut segera dilaksanakan. Soalnya, masyarakat bukan hanya menanti agenda peninjauan yang dilakukan Pemerintah saja, melainkan realisasi paska peninjauan itu.

Camat Purwadadi, Yayat Ahadiat, S.H.,M.Si, Kamis (27/11/2014), membenarkan kondisi apur dan spon Kali Cilisung sangat memprihatinkan. Dia juga berterimakasih kepada Bupati Ciamis dan rombongan yang datang meninjau ke lokasi.

“Mudah-mudahan, pengerjaan pengerukan apur dan penyedotan spon kali Cilisung secepatnya dilakukan, agar area sawah sekitar 840 hektar yang ada disana bisa dialiri air secara normal,” pungkasnya. (Andri/Koran-HR)