Peringatan Menanam Pohon Indonesia 2014, Pemkot Banjar Tanam 180.000 Bibit Pohon

Photo ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam upaya menyediakan hasil hutan kayu, kebutuhan pangan, dan ketersediaan air, Pemerintah Kota Banjar menanam sebanyak 180.000 bibit pohon dengan berbagai jenis, diantaranyabibit pohon mahoni, albasia, ketapang, dan sejumlah bibit pohon buah-buahan.

Kebala Bidang Lingkungan Hidup Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar, Dwiyanti, mengatakan, penanaman tersebut dilakukan dalam rangka gerakan penanaman 1 miliar pohon pada peringatan menanam pohon Indonesia 2014.

“Kita melakukan penghijauan di Kota Banjar ini dengan menanam pohon. Secara simbolis penanaman sudah dilakukan Walikota Banjar di kawasan PTP Curug Taneuh, Kelurahan Pataruman, yakni sebanyak 400 bibit pohon,” kata Dwiyanti, saat ditemui HR Online, Jum’at (05/12/2014).

Bibit pohon yang sudah ditanam di kawasan tersebut akan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Dia juga menyebutkan, bahwa bibit-bibit pohon tersebut diperoleh bantuan dari beberapa perusahaan yang ada di Kota Banjar.

Gerakan tanam 1 miliar pohon akan dilanjutkan diberbagai area hutan atau wilayah desa/kelurahan yang ada di Kota Banjar. Menurut Dwiyanti, sebelumnya penanaman pohon sudah dimulai dari bulan Oktober 2014 di sejumlah ruas jalan dan hutan di Kota Banjar.

“Gerakan tersebut dilakukan sebagai upaya menyediakan hasil hutan kayu, kebutuhan pangan, dan ketersediaan air, serta dapat menjadi sumber energi yang menghasilkan oksigen dan konservasi keanekaragaman hayati. (Nanang/R3/HR-Online)