Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarPMPDKBPol Minta Ormas di Banjar Ciptakan Kondusifitas

PMPDKBPol Minta Ormas di Banjar Ciptakan Kondusifitas

Foto: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),

Pemerintah Kota Banjar meminta berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di Kota Banjar, bisa menciptakan dan menjaga kondusifitas.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Desa, Kesatuan Bangsa dan Politik (PMPDKBPol) Kota Banjar, Wawan Gunawan,SP,M.Si, saat memberikan arahan dalam kegiatan pembinaan Ormas dan LSM, di Aula Perkantoran Pamongkoran, Senin (21/12/2014).

“Kami mengajak dan berharap dengan pembinaan ormas dan LSM, mampu menjaga kondusifitas. Dalam menjalankan kegiatannya, Ormas dapat membantu pemerintah dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” harapnya.

Sehingga dengan pembinaan, Ormas dan LSM lebih memahami peran dan fungsinya sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

“Materi pembinaan ini, kami memberi dorongan berupa penekanan terhadap kewajiban yang harus dipenuhi, seperti memiliki surat keterangan terdaftar (SKT) organisasi, wajib memiliki sekretariat, mencantumkan anggaran dasar, dan anggaran rumah tangga (AD/ART),” jelas Wawan

Kemudian memiliki akta pendirian organisasi, serta penggunaan lambang-lambang, dan simbol-simbol negara yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila, sebagaimana yang dituangkan dalam Permendagri No.33 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemda.

Kemudian lebih lanjut, Wawan mengatakan, ada 25 LSM dan Ormas di Kota Banjar yang diundang. Jumlah sebanyak itu meliputi ormas yang memiliki kantor pusat. Artinya bukan lokal Kota Banjar saja.

“Untuk di Kota Banjar, kami mencatat jumlahnya kurang lebih 9 ormas, diantaranya Bale Rahayat, Forum Akar, PNBBS, LSM Penjara, LSM Gempar, LSM Pelangi, SHI dan GMBI. Sisanya ormas yang memiliki kantor sekretariat di pusat, jadi keberadaannya tidak hanya di Kota Banjar saja,” ucapnya.

Kedepan pihaknya akan berusaha untuk menggelar kegiatan serupa, tentunya sesuai agenda yang telah ditetapkan, dan dianggarkan tahun 2015.

“Tahun 2014 kita hanya mengirimkan empat kegiatan sesuai undangan pengiriman program peningkatan kapasitas Ormas di Provinsi Jabar. Mudah-mudah kedepan mendapatkan kesempatan lebih banyak lagi,” pungkasnya. (Nanks/Koran-HR)