Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita PangandaranSaat Reses di Pangandaran, Puti Guntur Sumbang Dua Juta Benih Padi

Saat Reses di Pangandaran, Puti Guntur Sumbang Dua Juta Benih Padi

Puti Guntur Soekarno secara simbolis memberikan benih padi kepada petani Sidamulih. Photo : Madlani/ HR

Saat Reses di Pangandaran, Puti Guntur Sumbang Dua Juta Benih Padi

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pada masa reses kali ini, Ketua Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno Putri, melakukan pertemuan dengan sejumlah petani di wilayah Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Senin (8/12/2014).

Dalam kunjungan tersebut, Puti memberikan sebanyak 2 juta benih padi jenis Sertani MSP (Mari Sejahterakan Petani) atau MSP 8. Menurut Puti, pemberian bibit padi tersebut dalam rangka merealisasikan program Presiden Joko Widodo, mensejahterakan kehidupan petani.

“Petani adalah soko guru pembangunan Indonesia. Oleh sebab itu, keberpihakan terhadap petani harus dilakukan,” kata Puti di hadapan ratusan petani Sidamulih.

Puti menuturkan, Sertani MSP 8 merupakan bibit padi lokal berkualitas. Meski varian lokal, di meyakini, bibit padi tersebut memiliki kualitas yang baik. Bahkan dia menjamin jenis padi tersebut bisa bersaing dengan benih padi luar negeri.

Menurut Puti, benih padi jenis Sertani itu merupakan solusi untuk karakter sawah tadah hujan, seperti di wilayah Sidamulih Pangandaran. Dia juga menyebutkan, gerakan menanam benih padi jenis Sertani MSP 8 tersebut sudah dimulai sejak tahun 2009.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu petani, khususnya supaya lebih optimis berdaulat, berdiri di kaki sendiri, tidak selalu bergantung pada pemerintah,” ucapnya.

Komunitas Pupasruni, Riki Zulkifli, berharap, potensi di sektor pertanian sangat luar biasa. Dia berharap, pertemuan dengan Puti Guntur Soekarno, menambah wawasan dan pemahaman bagi para petani. (Mad/Koran-HR)