Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita BanjarSatker Banjar Pastikan PNPM Berhenti Tahun 2015

Satker Banjar Pastikan PNPM Berhenti Tahun 2015

Foto: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Satuan Kerja (Satker) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kota Banjar, akhirnya memastikan program tersebut terhenti pada tahun 2015 mendatang. Pemberhentian PNPM itu dikarenakan pemberlakukan Undang-undang Desa yang akan dilaksanakan tahun depan.

“Bila anggaran desa cair, maka otomatis PNPM berakhir,” tegas Tanti, Satker PNPM Kota Banjar, pada HR Online, Jumat, (05/12/2014).

Pemerintah pusat mengalokasikan dana untuk Desa, kata Tanti, mempunyai tujuan dan azas yang sama dengan PNPM yaitu, peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan, dan pembangunan perdesaan.

Hasil evaluasi dan kemajuan kegiatan pelaksanaan PNPM di Kota Banjar sampai akhir tahun 2014, sangat dirasakan kebermanfaatannya oleh warga.

“Kegiatan PNPM yang diterima Kota Banjar tahun ini masih berjalan, dan akan selesai April 2015,” jelas Tanti.

Hal senada dikatakan, David Abdillah, Kabid. Cipta Karya DCKTLH Kota Banjar, sebagai OPD teknis terkait dalam PNPM. Menurutnya, besaran dana dalam anggaran Desa akan mampu menggantikan peran PNPM pada tahun 2015.

“Pelaku PNPM masih sangat diperlukan, khususnya dalam upaya penguatan tata kelola pemerintahan desa. Terlebih dalam masa transisi sebelum UU Desa dilaksanakan sepenuhnya,” ucap David.

Selayaknya, lanjut David, berlakunya UU Desa, para BKM dan fasilitator bisa kembali dilibatkan. Sebab, salah satu unsur keberhasilan PNPM Mandiri terkait erat dengan fasilitasi, dan pendampingan masyarakat yang efektif di desa. (Nanang S/R1/HR-Online)