Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisSekolah SD di Ciamis Ini Terpaksa Numpang Belajar di Madrasah

Sekolah SD di Ciamis Ini Terpaksa Numpang Belajar di Madrasah

Siswa kelas 3 SDN 2 Cipaku saat mengikuti kegiatan belajar di bangunan milik Madrasah Al Hidayah. Photo : Eji Darsono/ HR

DIGITAL VIDEO

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Cipaku, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis mengalami kekurangan jumlah ruangan. Akibatnya, siswa kelas III terpaksa mengungsi ke bangunan milik Madrasah Diniyah Al Hidayah ketika akan melangsungkan kegiatan pembelajaran.

Dedi Supradi, S.Pd, salah seorang guru, Kamis (18/12/2014), mengatakan, saat ini jumlah siswa SDN 2 Cipaku mencapai 234 orang yang terbagi ke dalam sembilan rombongan belajar (rombel). Sedangkan ruang kelas yang tersedia hanya delapan unit.

“Itupun salah satunya dalam kondisi memprihatinkan,” katanya.

Menurut Dedi, untuk mengantisipasi kekurangan jumlah ruangan, pihaknya terpaksa meminjam bangunan Madrasah Al Hidayah ketika akan melangsungkan kegiatan belajar mengajar.

Senada dengan itu, Kepala SDN 2 Cipaku, Endang, S.Pd, melihat jumlah siswa sebanyak itu, sudah selayaknya SDN 2 Cipaku mendapat tambahan Ruang Kelas Baru (RKB). “Sekalipun proses belajar mengajar berjalan dengan baik, tapi yang namanya numpang, tidak seleluasa seperti milik sendiri,” katanya.

Endang mengaku, pihaknya sudah mengusulkan penambahan RKB kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis. Namun demikian, pihaknya terkendala masalah lahan, sehingga ruangan yang ada harus ditambah lantai. (dji/Koran-HR)