Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisSinggah di Ciamis, Pria Tua Asal Surabaya Ini Berjalan Kaki Keliling Indonesia

Singgah di Ciamis, Pria Tua Asal Surabaya Ini Berjalan Kaki Keliling Indonesia

Kamal Husein (55), pejalan kaki keliling Indonesia. Foto: Dian Sholeh Wardiana/HR

Singgah di Ciamis, Pria Tua Asal Surabaya Ini Berjalan Kaki Keliling Indonesia

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kamal Husein (55), pria tua asal Surabaya ini, nekad berjalan kaki mengelilingi seluruh daerah di Indonesia. Misinya, bukan untuk memecahkan rekor MURI, tetapi aksi nekadnya itu sekedar ingin menghargai jasa para pahlawan yang pernah bertempur di medan perang dengan melakukan geriliya berjalan kaki hingga beribu-ribu kilometer.

Saat singgah di Ciamis, Rabu (03/12/2014) sekitar pukul 00.30 WIB dini hari, Kamal menyempatkan belanja dan beristirahat di salah satu minimarket di kawasan Alun-alun Ciamis. Dengan memakai baju loreng dan membawa rangsel bertuliskan ‘jalan kaki keliling Indonesia’, pria tua ini tampak kelelahan. Dia sesekali mengusap keringat di wajahnya sembari meminum air botol mineral.

Kepada HR, Kamal mengatakan, dirinya melakukan aksi jalan kaki mengelilingi daerah di Indonesia, sudah dilakukannya selama 4 tahun. Start pertama dimulai pada tanggal 25 November 2010.

”Iya saya baru sampai di sini, tadi siang berjalan dari Kabupaten Kuningan dan bertemu dengan Bupati Kuningan. Di Ciamis ini, mudah-mudahan saya bisa bertemu dengan Bupati Ciamis untuk minta foto bersama dan tandatangan sebagai tanda bahwa saya sudah menginjakan kaki di kota ini,” ujarnya.

Kamal mengaku, selama 4 tahun melakukan aksi jalan kaki, dirinya sudah menjelajah 22 Provinsi di Indonesia. Menurutnya, dia melakukan aksi itu, hanya dengan modal awal sebesar Rp. 200 ribu.

“Tapi, meski bekal minim, banyak orang yang memberikan sumbangan untuk biaya selama di perjalanan. Karena dalam satu hari, saya membutuhkan 12 minuman teh kotak untuk menambah stamina di perjalanan,” katanya.

Dalam perjalanan keliling Indonesia, kata Kamal, dirinya membawa misi untuk mempromosikan pesan perdamaian kepada seluruh masyarakat Indonesia dan mengkampanyekan pesan kebangsaan dengan cara mengingatkan masyarakat terhadap jasa-jasa pahlawan Indonesia yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

”Saya akan menjelajahi bumi Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Misi saya hanya ingin memberi pesan perdamaian dan mengingatkan tentang jiwa kebangsaan kepada masyarakat. Karena saya melihat, jiwa kebangsaan hampir luntur di generasi saat ini,” tuturnya. (DSW/R2/HR-Online)