Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita Ciamis(SMA Plus Informatika) Tambah Wawasan & Pengalaman Lewat ‘Field Study’

(SMA Plus Informatika) Tambah Wawasan & Pengalaman Lewat ‘Field Study’

Kepala SMA Plus Informatika, Asep Dhana, S.Pd,.M.Pd, dan para siswa, saat berada di STIMIK AKAKOM Yogyakarta. Photo : Dian Sholeh WP/ HR

Kepala SMA Plus Informatika, Asep Dhana, S.Pd,.M.Pd, dan para siswa, saat berada di STIMIK AKAKOM Yogyakarta. Photo : Dian Sholeh WP/ HR
Kepala SMA Plus Informatika, Asep Dhana, S.Pd,.M.Pd, dan para siswa, saat berada di STIMIK AKAKOM Yogyakarta. Photo : Dian Sholeh WP/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 180 peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Informatika Ciamis menggelar Field Study ke STIMIK AKAKOM Yogyakarta. Kegiatan tersebut sengaja dilakukan dalam rangka memberikan wawasan keilmuan di bidang keinformatikaan kepada para siswa.  

Kepala SMA Informatika Ciamis, Asep Dhana S.Pd.,M.Pd., didampingi Wakasek Humas, Hj. Yuyun Yunda, S.Pd.,M.Pd., Senin (22/12/2014), membenarkan kegiatan kunjungan ke salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta tersebut.

Menurut Asep, kali ini pihaknya sengaja memilih STIMIK AKAKOM, karena perguruan tinggi tersebut memiliki jurusan D3 Teknik Komputer, Komputerisasi Akuntansi, Manajemen Informatika dan S1 Teknik Informatika Sistem Informasi

”Kami anggap kunjungan ini sangat pas sesuai dengan keunggulan SMA Informatika. Walaupun statusnya SMA, SMA Informatika memiliki keunggulan, yaitu di bidang keinformatikaan,” ujarnya.

Asep berharap, peserta didik yang mengikuti Field Trip Study ke STIMIK AKAKOM Yogyakarta kali ini mendapat pengalaman dan wawasan tentang apa yang terdapat di perguruan tinggi tersebut.

Di tempat terpisah, Humas STIMIK AKAKOM, Indrayantini, S.Kom.,M.Kom., mengaku sangat bangga mendapat kunjungan dari SMA Plus Informatika Ciamis yang memiliki keunggulan di bidang keinformatikaan.

Menurut Indrayantini, STIMIK AKAKOM merupakan perguruan tinggi komputer pertama di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Di perguruan tinggi ini, mahasiswa diberika kemampuan untuk menguasai siklus akuntansi pada perusahaan jasa dan menguasai dasar-dasar teknologi informasi, algoritma pemrograman dan basis data dasar.

“Mereka juga memiliki kemampuan terintegrasi dalam implementasi keahlian bidang sistem informasi akuntansi berbasis cloud computing,” katanya.

Sedangkan pada jurusan Manajemen Informatika, kata Indrayantini, mahasiswa diberi kemampuan tentang bagaimana menguasai teknologi informasi, konsep pemrograman, melakukan operasi basis data, menciptakan aplikasi desktop menggunakan basis data, dan menciptakan program aplikasi berbasis website dari piranti bergerak.

Kemudian pada bidang teknik informatika, tambah Indrayantini, STIKIM AKAKOM memiliki cita-cita untuk mencetak lulusan yang mampu melakukan rekayasa perangkat luak terhadap suatu proses bisnis dengan berbasis jaringan mobile dan sistem cerdas.

”Dan kami bersyukur, STIMIK AKAKOM sudah meluluskan sebanyak tujuh ribu alumni. Mereka diantaranya bekerja di perbankan, pertambangan, industri penerbangan, industri manufaktur, industri otomotif, pemerintahan dan swasta,” pungkasnya. (dsw/Koran-HR)