Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisSMKN 1 Ciamis Prioritaskan Kualitas Pendidikan Akademik & Non-Akademik

SMKN 1 Ciamis Prioritaskan Kualitas Pendidikan Akademik & Non-Akademik

Kepala SMK Negeri 1 Ciamis, Dra. Ika Karniati Sardi, M.M.Pd, saat menghadiri penobatan Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2014, oleh Menteri Pendidikan, Anies Baswedan dan Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, 22 Desember 2014.

Kepala SMKN 1 Ciamis bersalaman Dengan Menteri LH Siti Nurbaya

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ciamis terus berupaya memprioritaskan peningkatan kualitas dan mutu pendidikan, baik akademik maupun non akademik. Seiring dengan itu, sejumlah prestasi akademik dan non akademik pun berhasil ditorehkan sekolah ini. Yang paling terbaru, sekolah ini meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2014.

“Alhamdulillah, kami bersyukur, SMK Negeri 1 Ciamis memperoleh penghargaan di bidang pembinaan lingkungan, dan sekolah ini mendapat predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2014. Penghargaan ini langsung disampaikan Menteri Pendidikan dan Menteri Lingkungan Hidup,” kata Kepala SMK Negeri 1 Ciamis, Dra. Ika Karniati Sardi, M.M.Pd, belum lama ini.

Selain itu, Ika mengatakan, SMK Negeri 1 Ciamis juga berhasil menjuarai sejumlah mata lomba dalam kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Kabupaten Ciamis, yang diselenggarakan di SMK Negeri 1 Ciamis.

Pada lomba non akademik, kata Ika, SMK Negeri Ciamis berhasil menjuarai olahraga bola voly dan basket, dan kedua mata lomba itu diraih oleh tim putri. Sedangkan pada lomba akademik, pihaknya berhasil menjuarai mata lomba Akuntansi, Matematika Non Teknologi, Pariwisata Jasa Boga, Administrasi Perkantoran (Adper), Debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Menurut Ika, kegiatan LKS SMK merupakan ajang untuk meningkatkan kompetensi para siswa-siswi SMK, yang disesuaikan dengan keahlian masing-masing. Bagi yang menjuarai LKS, mereka akan menjadi duta Ciamis untuk LKS SMK tingkat Jawa Barat. Kegiatan LKS SMK tersebut juga merupakan momen untuk memotivasi siswa serta sekolah dalam hal akademik dan kemampuan individu siswa.

Lebih lanjut, Ika mengungkapkan, kegiatan LKS SMK merupakan agenda rutin tahunan. Kegiatan tersebut menjadi salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik yang nantinya akan mewakili Kabupaten Ciamis di tingkat Propinsi Jawa Barat, bahkan tingkat Nasional.

Selain itu, kata Ika, LKS SMK juga salah satu penjaminan dan peningkatan kualitas mutu SMK yang akan menghasilkan generasi yang siap memasuki dunia kerja, berjiwa enterpreneur, cerdas, kompetitif, sportif dan mampu mengembangkan keunggulan lokal dan dapat bersaing global.

“Melalui ini diharapkan mampu mendorong generasi muda untuk menyiapkan diri agar berkiprah di arena kompetisi tingkat nasional ,” ungkapnya.

Lebih jauh, Ika mengaku berusaha maksimal untuk menjadi tuan rumah yang baik dan nyaman bagi peserta LKS SMK tahun 2014. Dia juga menambahkan bahwa peserta LKS SMK tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. (deni/R4/HR-Online)