Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarTahun 2014, DCKTLH Kota Banjar Bangun Ruang Publik & Kantor

Tahun 2014, DCKTLH Kota Banjar Bangun Ruang Publik & Kantor

Kawasan Pusat Dakwah Islam (Pusdai) dengan Pusat Kreatifitas Pemuda dan Budaya. Foto: Nanang S/HR.

Kawasan Pusat Dakwah Islam (Pusdai) dengan Pusat Kreatifitas Pemuda dan Budaya. Foto: Nanang S/HR.
Kawasan Pusat Dakwah Islam (Pusdai) dengan Pusat Kreatifitas Pemuda dan Budaya. Foto: Nanang S/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar, di tahun 2014 telah menyelesaikan sejumlah paket pekerjaan ruang publik terpadu dan perkantoran, guna menunjang sarana dan prasarana kebutuhan serta pelayanan masyarakat Kota Banjar.

Kepala DCKTLH Kota Banjar, Drs. H. Yoyo Suharyono, melalui Kabid. Cipta Karya, David Abdillah, ST., mengatakan, ruang publik terpadu yang telah diselesaikan pembangunannya yaitu, Pusat Dakwah Islam (Pusdai) dengan Pusat Kreatifitas Pemuda dan Budaya, lokasinya berada di dekat Sungai Citanduy wilayah Parunglesang, Kel/Kec. Banjar.

Pembangunan Pusdai berlangsung dua tahap, dimana tahap pertama sudah selesai tahun 2013. Sedangkan, untuk kelanjutannya telah dituntaskan tahun 2014. Kedua fasilitas tersebut menelan anggaran sekitar Rp.8,5 miliar.

Kawasan Pusdai terpadu ini adalah yang pertama di Kota Banjar. Gedung Pusdai dibuat dua lantai. Lantai satu atau lantai dasar berupa ruang pertemuan seluas 466,90 m2, dan selaras/teras luas 181,30 m2 yang terintegrasi dengan teman Kreatifitas Pemuda dan Budaya, berikut gudang dengan luas 12 m2, serta ruang ganti 63 m2.

Sedangkan, lantai dua atau lantai atas terdiri dari bangunan mesjid seluas 256 m2 dan teras mesjid luasnya mencapai 284,30 m2, ruang marbot 12,44 m2, ruang gudang/alat 12,44 m2. Serta ditunjang fasilitas lain, seperti tempat wudhu pria seluas 31,25 m2, tempat wudhu wanita 20 m2, toilet pria 8,75 m2, dan toilet wanita seluas 10 m2.

“Pada lantai dasar tadi, bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, termasuk pernikahan dengan konsep pesta taman, karena menyatu dengan lingkungan taman. Maka, fasilitas itu merupakan pertama di Kota Banjar,” kata David.

Untuk pusat Kreatifitas Pemuda dan Budaya, dilengkapi area parkir seluas 2.139 m2, panggung dan ampitheater 507 m2, kios-kios 45 m2, resto outdor 45 m2, plaza dan playground 116,60 m2, serta area terbuka lainnya 2.559,60 m2 berupa taman, gazebo dan jogging track. Dengan demikian, keberadaan Pusdai dan pusat kegiatan pemuda tersebut bakal menambah lengkap pembangunan fasilitas umum di Kota Banjar.

Sementara sarana kebutuhan pelayan pemerintahan terhadap masyarakat, gedung kantor Capilduk yang terletak di Jl. Siliwangi, Kel. Karangpanimbal, Kec. Purwaharja, tepatnya di kawasan kantor Setda Kota Banjar, juga sudah selesai dikerjakan dan siap ditempati.

“Gedung Capilduk dengan luas bangunan 480 m2, terbagi dibuat dua lantai, yakni lantai satu luas 250 m2 dan lantai dua luas 230 m2,” pungkas David. (Nanang S/Koran-HR)