Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita CiamisTahun 2015, Unigal Ciamis Targetkan Rekrut 2000 Mahasiswa Baru

Tahun 2015, Unigal Ciamis Targetkan Rekrut 2000 Mahasiswa Baru

Gedung Rektorat Universitas Galuh Ciamis. Foto: Deni Supendi/HR

unigal

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, sudah mulai membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2015-2016. Di tahun akademik 2015-2016, panitia PMB menargetkan dua ribu calon mahasiswa baru yang direkrut.

Ketua Panitia PMB Unigal, DR. Apri Budianto, MM, Senin (22/12/2014), mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan agenda pertemuan dengan sejumlah Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA sederajat yang ada di wilayah Jawa Tengah dan Priangan Timur. Pertemuan itu berkaitan dengan kerjasama panitia untuk merekrut calon mahasiswa.

Apri menuturkan, sebagai bentuk komitmen dalam rekrutmen calon mahasiswa, pihaknya sengaja mempererat kerjasama dengan Guru BK tersebut. Pertemuan dengan guru BK itu sudah diagendakan sejak jauh-jauh hari.

Pada kesempatan itu, Apri menyebutkan, pihaknya kembali menyediakan unit komputer jinjing (laptop) bagi sekolah (SMA sederajat yang berhasil meregistrasikan minimal 20 orang alumninya untuk masuk ke Unigal.

“Tapi hadiah laptopnya tidak berlaku kelipatan,” katanya sambil tersenyum.

Disinggung soal alasan kenapa memilih kuliah di Unigal, Apri menjelaskan, banyak pertimbangan bagi calon mahasiswa untuk bergabung ke Unigal. Diantaranya, pertama faktor Sejarah. Universitas Galuh yang berada di bawah naungan Pendidikan Galuh (YPG), berdiri pada tanggal 8 April 1998. Sejak berdiri, Unigal telah mampu memberikan kontribusi pada pemerintahan dan sektor lain dalam bidang pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kedua, kata Apri, Fakultas dan Prodi di Unigal jumlahnya cukup banyak. Ditambah juga dengan Program Pascasarjana. Hal itu tentunya disesuaikan dengan faktor kebutuhan jaman. Selanjutnya, biaya murah dengan sistem lunak.

Di wilayah Priangan, biaya pendidikan di Unigal masih bisa dibilang paling murah atau terjangkau bila dibandingkan dengan biaya pendidikan di perguruan tinggi lainnya. Selain itu, sistem pembayaran yang diterapkan pihak kampus sangat lunak dan meringankan para mahasiswanya.

“Sebab, biaya pendidikan ini bisa diangsur sampai tiga kali angsuran setiap semesternya. Angsuran pertama 40 persen, kedua 30 persen dan ketiga 30 persen,” katanya.

Kemudian Sistem Penerimaan Mahasiswa. Sistem penerimaan mahasiswa baru di Unigal disesuaikan dengan Pedoman Penilaian Akreditasi Institusi. Karenanya, Unigal juga menerima calon mahasiswa baru yang memiliki kekurangan ekonomi dan kekurangan fisik (disabilitas) dari seluruh penjuru wilayah Nusantara.

Tenaga Pengajar Profesional. Secara keseluruhan, Dosen Unigal memiliki gelar akademik S2 (magister) dan S3 (doktor), baik itu Dosen tetap Kopertis, maupun Dosen tetap Yayasan. Selain itu, Unigal juga dibantu oleh sejumlah Guru Besar yang berasal dari beberapa perguruan tinggi seperti dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institute Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), STPDN/IIP.

Kampus Unigal, kata Apri, merupakan milik sendiri. Lokasinya berada di dalam jalur yang strategis dan dapat dijangkau dengan mudah dari berbagai arah. Selain itu, Unigal juga memiliki kelengkapan sarana belajar seperti Gedung Perkuliahan, Tempat Kegiatan Olahraga/Seni, Sarana Ibadah, tempat parkir luas.

Fasilitas yang dimiliki Unigal sangat memadai dan menopang kegiatan perkuliahan. Diantaranya, Laboratorium Bahasa yang dilengkapi pusat layanan kursus bahasa inggris, Lab. Biologi, Lab Hukum, Lab. Akuntansi, Lab. FISIP, Lab. Komputer, Lab. Keperawatan, Lab. Kebidanan, Lab. Pertanian dan Rumah Kaca, UPT Perpustakaan Unigal (e-Library), Knowledge Centre, merupakan proyek kerjasama dengan Menristek, berfungsi sebagai sarana pendidikan dan latihan ICT, penyebaran informasi dari Media Centre dan Community Acces Point (WARINTEK), dan Pusat Kajian Sunda.

Beasiswa dan Asuransi

Mahasiswa Unigal yang berprestasi diberikan beasiswa, baik yang berasal dari pemerintah, swasta, maupun Yayasan Pendidikan Galuh. Seluruh mahasiswa yang aktif, dilindungi oleh Asuransi Kecelakaan, bekerjasama dengan PT. Asuransi Bumi Putra. Selain itu, bakan dan minat mahasiswa disalurkan melalui kegiatan organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan kampus. (deni/Koran-HR)