Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisTebing Setinggi 10 Meter Longsor, Warga Sirnabaya Rajadesa Ciamis Cemas

Tebing Setinggi 10 Meter Longsor, Warga Sirnabaya Rajadesa Ciamis Cemas

Ilustrasi Longsor. Foto: Ist

rajades

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga di Blok Cinunuk, Dusun Kutasari, RT 4 RW 6, Desa Sirnabaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, saat ini masih dilanda kekhawatiran paska longsornya tebing setinggi 10 meter dan panjang 10 meter yang terjadi pada Jum`at (19/12/2014) lalu. Warga khawatir karena ada kemungkinan terjadinya longsor susulan.

Kapolsek Rajadesa, AKP. Argono, SH.,MM., tidak menyangkal, sejumlah warga masih merasa khawatir akan ada longsor susulan. Apalagi, posisi tebing yang ada di wilayah itu sangat berdekatan dengan pemukiman penduduk.

Namun demikian, kata Argono, paska terjadi longsor, pihaknya bersama masyarakat dan sejumlah anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) bergotong royong membersihkan material longsor yang sempat menutupi badan jalan.

Kini, lanjut Argono, pihaknya berserta masyarakat membutuhkan bantuan berupa karung bekas untuk digunakan sebagai penahan longsor. “Lokasi sekitar masih rentan bencana. Untuk mengatasinya kami membutuhkan karung bekas,” katanya, Senin (22/12/2014).

Argono juga menyebutkan, selain di Blok Cinunuk, masih banyak titik-titik rawan longsor dan banjir yang terdapat di wilayah Kecamatan Rajadesa. Diapun menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan siap siaga menghadapi bencana tersebut.

Pada kesempatan itu, Argono juga berharap, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjalin kerjasama dan melakukan pendeteksian sejak dini, salah satunya dengan melakukan patroli atau pemantauan di sejumlah wilayah yang rawan terhadap bencana. (Heri/Koran-HR)