Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisTebing Setinggi 20 Meter Longsor, 2 KK di Cisadap Ciamis Terpaksa Direlokasi

Tebing Setinggi 20 Meter Longsor, 2 KK di Cisadap Ciamis Terpaksa Direlokasi

Tebing setinggi 20 meter dengan panjang 30 meter mengalami longsor, di Dusun Desa, Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Foto: Heri Herdianto/HR

KETFOT: Tebing setinggi 20 meter dan panjang 30 meter longsor di Dusun Desa Desa Cisadap Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jumat (26/12/2014). ANTHIKA ASMARA / KP

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat tebing setinggi 20 meter dengan panjang 30 meter mengalami longsor, di Dusun Desa, Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, yang terjadi pekan lalu, membuat penghuni 2 rumah yang berada di atas tebing terpaksa harus direlokasi. Hal itu dilakukan untuk menghindari timbulnya korban apabila tebing tersebut kembali mengalami longsor.

Kepala Desa Cisadap, H.M. Muslih, mengatakan, menyusul hujan deras yang terus menguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya dalam sepekan ini, membuat pihaknya khawatir terjadi kembali longsor susulan di daerah Dusun Desa.

“Karenanya, 2 kepala keluarga yang rumahnya berada di atas tebing kami relokasi. Karena kami khawatir terjadi lagi bencana longsor yang lebih parah,” ujarnya, kepada HR, Jum’at (26/12/2014).

Menurut Muslih, tumpahan matrial longsor, sempat menyumbat saluran irigasi yang berada di bawah tebing. Untuk menghindari banjir, lanjut dia, warga setempat sudah membersihkan matrial longsor yang menyumbat saluran irigaasi. “Sungai Irigasi Cianeum tidak sampai meluap, karena warga sigap langsung membersihkan matrial longsor ketika diketahui menyumbat salura irigasi,” ujarnya.

Muslih mengatakan, dari 7 rumah yang berdiri di atas tebing, sebenarnya ada satu rumah lagi yang terancam tergerus longsor. Pihaknya, ujar dia, sudah menyarankan agar penghuni rumah itu segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Kami terus memantau kondisi tebing tersebut sembari mengingatkan kepada warga yang rumahnya berada di sekitar tebing dan terancam terkena dampak apabila terjadi longsor agar secepatnya mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Hal itu, lanjut Muslih, menyusul hujan deras yang terus terjadi dalam sepekan ini. (Her/R2/HR-Online)