Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita BanjarTerganjal Pembayaran, Perluasan TPAS Cibeurem Banjar Terancam Gagal

Terganjal Pembayaran, Perluasan TPAS Cibeurem Banjar Terancam Gagal

Lokasi TPA Cibeurem di Desa Cibeurem, Kec. Banjar, Kota Banjar. Foto: Dok HR.

Lokasi TPA Cibeurem di Desa Cibeurem, Kec. Banjar, Kota Banjar. Foto: Dok HR.
Lokasi TPA Cibeurem di Desa Cibeurem, Kec. Banjar, Kota Banjar. Foto: Dok HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Rencana pembelian tanah untuk perluasan tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) di Desa Cibeurem, Kec. Banjar, hingga jelang akhir anggaran tahun 2014 belum terrealisasi.

Rencana tersebut terancam gagalnya perluasan lahan, dikarenakan terganjal pembayaran terhadap pemilik lahan. Informasi yang berhasil dihimpun HR Online, disebabkan adanya beberapa prosedur yang belum terpenuhi.

Selain itu, menurut Kabid Kebersihan DCKTLH Kota Banjar, Asno Sutarno, menjelaskan, pembayaran belum terrealisasi karena proses pengukuran dan proses administrasi pemenuhan dokumen yang sedang berproses di BPN.

“Proses itu akan selesai baru tahun 2015. Dengan terpaksa kami belum bisa membayarkan kepada pemilik lahan pada tahun ini,” jelasnya kepada HR Online, Kamis, (11/12/2014).

Sementara pemilik lahan, lanjut Asno, telah sepakat dengan harga dengan pihaknya, dan berharap dapat menerima pembayaran pada bulan Desember tahun 2014 sekarang.

Perluasan TPAS Cibeurem, menurut Kasi Kebersihan, Dyah Indah, tidak ada cara lain yaitu dengan membebaskan lahan yang sudah ada kesepakatan sekarang ini.

“Namun, hingga kini anggaran dalam APBD untuk keperluan tersebut belum bisa dicairkan karena beberapa faktor tadi. Kami juga masih berharap bisa dilakukan tahun ini,” tandasnya.

Bila tidak cepat diperluas, lanjut Dyah, kondisi daya tampung TPAS Cibeurem dikhawatirkan semakin overload. “Memang TPAS Cibeurem harus diperluas, karena kondisinya sudah tidak mampu menampung sampah yang kian hari semakin bertambah. Tapi yaa terkendala itu tadi,” tukasnya. (Nanang S/R1/HR-Online)