Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarTunggu ADD Pusat, Kades di Banjar Terganjal Susun RAPBDes 2015

Tunggu ADD Pusat, Kades di Banjar Terganjal Susun RAPBDes 2015

Foto: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),

Kepala Desa se-Kota Banjar mengaku terganjal dalam penuntasan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) 2015.

Hingga pertengahan Desember 2014, mereka mengaku belum sepenuhnya merampungkan RAPBDes. Sebab, masih menunggu besaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang akan diterima, khususnya ADD Pemerintah Pusat.

Seperti dikatakan salah satu Kepala Desa Sinartanjug, Suwarman. Menurutnya, pihaknya belum tahu secara pasti besaran alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat, sebagaimana pemberlakukan UU Desa.

“Yang diketahui itu hanya setiap desa jumlah nominalnya berbeda. Disesuaikan dengan luas wilayah, jumlah penduduk, dan prosentase warga miskin,” ucapnya kepada HR Online, Sabtu, (13/12/2014).

Alasan itulah yang membuat sejumlah Kepala Desa di Kota Banjar belum merampungkan penyusunan RAPBDes 2015. “Ketakutannya yaitu dana alokasi tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam RAPBDes,” tambah Suwarman.

Suwarman dan rekan Kepala Desa lainnya, berharap, sosialisasi lebih mendalam mengenai UU Desa. Baik itu dalam penyusunan RAPBDes, maupun menyangkut kepastian alokasi anggaran yang akan diterima.

“Tentunya menyangkut semua aspek, karena kami akan menerima alokasi anggaran baik dari Pemkot, Pemprov dan Pemerintah Pusat,” tukasnya. (Nanang S/R1/HR-Online)