Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita Ciamis3 Terdakwa Kasus Korupsi Lokasana Ciamis Kembalikan Rp. 726 Juta ke Negara

3 Terdakwa Kasus Korupsi Lokasana Ciamis Kembalikan Rp. 726 Juta ke Negara

Taman Lokasana Ciamis. Foto: Ist/Net

3 Terdakwa Kasus Korupsi Lokasana Ciamis Kembalikan Rp. 726 Juta ke Negara

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tiga terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Taman Lokasana Ciamis akhirnya mengembalikan uang kerugian negara sebesar Rp 726 juta ke Kejaksaan Negeri Ciamis, Kamis (22/1/2015). Penyetoran uang hasil tindak pidana korupsi ini diserahkan oleh masing-masing kuasa hukumnya ke kantor Kejaksaan Negeri Ciamis.

Tiga terdakwa yang mengembalikan uang kerugian negara ini, yakni berinsial BE, YU dan RI. Aep Saepudin, SH, bertindak sebagai kuasa hukum terdakwa BE, Ahmad Holid, SH bertindak sebagai kuasa hukum terdakwa YU, dan Hendrik Sinaga bertindak sebagai kuasa hukum terdakwa RI. Ketiga kuasa hukum terdakwa datang bersamaan saat menyetorkan uang kerugian negara tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis, Handoko, SH, didampingi Kasi Pidsus Priyambudi, SH, mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya itikad dari para terdakwa yang mengembalikan uang kerugian negara.

“Tujuan utama dari pemberantasan korupsi adalah menyelamatkan uang negara. Artinya, dengan adanya pengembalian uang ini selaras dengan nafas pemberantasan korupsi,” katanya.

Handoko menambahkan, pengembalian uang kerugian negara ini juga akan dijadikan salah satu pendukung untuk bahan pertimbangan dalam persidangan kasus ini. “Kami juga berharap itikad baik para terdakwa kasus korupsi proyek Taman Lokasana ini bisa ditiru oleh terdakwa pada kasus korupsi lainnya,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah akan ada tersangka baru dalam kasus proyek Taman Lokasana, Handoko mengatakan, persidangan kasus ini masih berjalan dan hingga saat ini belum ada bukti-bukti baru yang bisa menambah jumlah tersangka. “Lihat saja pada persidangan yang saat ini masih berjalan, apakah ada bukti untuk menjerat tersangka baru,” ujarnya. (Her/R2/HR-Online)