Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisBerita Banjarsari365 KK di Banjarsari Ciamis Dapat Pelayanan Akta Kelahiran Gratis

365 KK di Banjarsari Ciamis Dapat Pelayanan Akta Kelahiran Gratis

Salah seorang warga Kecamatan Banjarsari yang mengikuti pelayanan akta kelahiran gratis, saat menunjukan lembaran akta, Jum’at (02/01/2015). Foto: Entang SR/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 365 Kepala Keluarga (KK) dari 8 desa di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, mendapat pelayanan pembuatan akta kelahiran gratis dari Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Ciamis, yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Banjarsari, Jum’at (02/01/2015).

Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Ciamis, H. Adang Darajat, mengatakan, selain gratis atau tanpa diminta biaya retribusi, juga dengan sistem pelayanan jemput bola ini dapat mempercepat proses pembuatan administrasi akta kelahiran.

“Cuma membutuhkan waktu 20 menit saja, proses pelayanan akta kelahiran bisa langsung jadi. Jika sengaja datang ke kantor Dinas Capil Ciamis, warga Banjarsari pasti memerlukan waktu satu atau dua hari hanya sekedar membuat akta kelahiran,” ujarnya, saat memberikan sambutan di hadapan warga yang mengikuti pelayanan akta kelahiran gratis.

Sementara itu, Anggota DPRD Ciamis, Rini Kustantri, yang turut hadir di tengah-tengah warga yang mengikuti pelayanan akta kelahiran gratis, mengatakan, program ini merupakan yang kedua kalinya digulirkan di Kecamatan Banjarsari. Pada termin pertama, lanjut dia, sebanyak 120 KK di Banjarsari sudah mendapat pelayanan tersebut.

“Warga yang mengikuti program ini pada termin pertama 90 persennya sudah terealisasi. Sementara sisanya masih dalam proses,” katanya.

Sementara itu, Camat Banjarsari, Krisna, menyatakan bersyukur warga Banjarsari dari 8 desa bisa menikmati pelayanan akta kelahiran gratis. “ Alhamdulilah, warga yang mengikuti pelayanan ini tampak antusias. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Capilduk yang telah menyelenggarakan pelayanan gratis ini,” ujarnya. (Ntang/R2/HR-Online)