Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisAndang ; Kegiatan Outbond Mampu Tarik Wisatawan Datang ke Ciamis

Andang ; Kegiatan Outbond Mampu Tarik Wisatawan Datang ke Ciamis

Dua orang mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Universitas Galuh (Unigal) sedang melintasi ‘two lines bridge’ pada serangkaian kegiatan outbond di kawasan Objek Wisata Situ Mustika, Kota Banjar, Minggu (25/1/2015). Photo : Deni Supendi/ HR

Andang ; Kegiatan Outbond Mampu Tarik Wisatawan Datang ke Ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Jawa Barat, menyatakan, pengembangan kawasan objek wisata di wilayah Jawa Barat, khususnya Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, bisa dilakukan dengan mengkreasikan dan mengkombinasikan permainan-permainan (games) kompetitif yang dikemas dalam serangkaian kegiatan outbond.

“Saya yakin, games kompetitif yang diciptakan dengan mengkombinasikan dan mengkreasikan beragam permainan menantang, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak destinasi wisata, apalagi wisata yang berbasiskan alam,” kata Pengurus Bidang Kepariwisataan Kompepar Jawa Barat, Andang Rohendi, M.Pd, Minggu (25/1/2015), ketika ditemui HR, dalam sebuah acara, di kawasan Situ Mustika, Kota Banjar.

Andang menuturkan, untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan, pengelola objek wisata berbasis alam, tentunya bisa menyediakan, melengkapi fasilitas atau dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan penyedia jasa sewa peralatan-peralatan penunjang untuk kegiatan outbond.

“Soalnya, belakangan ini, banyak juga objek wisata yang menawarkan paket kegiatan outbond untuk menarik wisatawan. Dan kenyataan di lapangan, banyak wisatawan yang menggemari kegiatan outbond yang menantang adrenalin,” katanya.

Disinggung soal potensi kepariwisataan di wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran, Andang menyebutkan bahwa ketiga wilayah itu memiliki potensi wisata berbasis alam yang sangat luar biasa. Bahkan, pihaknya mengaku sudah hampir mengeksplorasi semua potensi wisata yang ada di tiga wilayah tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Andang mengungkapkan, seiring dengan agenda pengembangan kepariwisataan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) memiliki ambisi untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

“Berkaitan dengan itu, Kompepar Jawa Barat berserta Kompepar yang ada di seluruh wilayah kabupaten/ kota, tentunya memiliki kesempatan untuk merealisasikan program yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut,” ucapnya.

Andang menambahkan, pihaknya bersedia membantu merekomendasikan atau memfasilitasi para pengelola objek wisata berbasis alam untuk melengkapi kebutuhan perlengkapan kegiatan outbond yang bertaraf internasional.

“Selain itu, kami juga bisa membantu memfasilitasi pengelola objek wisata untuk mendapatkan instruktur yang berkompeten dalam melaksanakan serangkaian kegiatan outbond,” pungkasnya. (Deni/Koran-HR)

 

- Advertisment -