Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita PangandaranBangunan Kelas SDN 3 Panyutran Pangandaran Ambruk

Bangunan Kelas SDN 3 Panyutran Pangandaran Ambruk

Ini Bangunan Kelas SDN 3 Panyutran yang ambruk setelah diguyur hujan. Photo : Entang SR/ HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Bangunan kelas milik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Panyutran, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ambruk. Kuat dugaan ambruknya kelas tersebut ditengarai lantaran buruknya kualitas konstruksi bangunan.

Kepala SDN 3 Panyutran Supar, Jum`at (9/1/2015) membenarkan peristiwa tersebut. Gara-gara hal itu, jumlah ruangan kelas untuk kegiatan belajar siswa menjadi berkurang. Bahkan ada sebagian kelas terpaksa belajar di dalam satu ruangan, dan memisahkanya dengan cara disekat.

Supar mengaku sudah melaporkan peristiwa ambruknya bangunan kelas yang terjadi di sekolahnya tersebut kepada pihak Unit Pelaksana Teknis daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Padaherang.

Di tempat terpisah, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Padaherang, Wawan, Jum`at (9/1/2015), tidak menyangkal salah satu bangunan kelas di SDN 3 Panyutran mengalami kerusakan karena ambruk.

Hanya saja, Wawan membantah ambruknya bangunan tersebut disebabkan karena kualitas konstruksi bangunan kelas saat dibangun pertama kali. Menurut dia, bangunan itu ambruk karena faktor usia dan lapuknya bangunan.

“Peristiwa itu terjadi justru karena tidak kuat menahan beban setelah lama diguyur hujan. Selain itu faktor usia juga menjadi salah satu faktornya,” pungkasnya. (Ntang/R4/HR-Online)