Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita BanjarBPMPPT Banjar Sudah Terbitkan 3.219 IMB

BPMPPT Banjar Sudah Terbitkan 3.219 IMB

Photo ilustrasi.

imb_bangunan

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejak tahun 2007 hingga 2014, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kota Banjar, telah menerbitkan sekitar 5.000 izin dari 21 jenis pelayanan perizinan. Namun, sebagian besar didominasi oleh Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sehingga sampai 2014 tercatat sudah ada 3.219 IMB yang diterbitkan.

Hal ini dikatakan Kepala BPMPPT Kota Banjar, Drs. Ade Setiana, MPd., melalui Sekretaris BPMPPT, Saifuddin, saat ditemui HR di ruangan kerjanya, Kamis (15/01/2015). Menurut Saifuddin, setiap bulan pihaknya menerima pengajuan perizinan lebih dari 100.

“Dari jumlah 3.219 IMB yang telah kami terbitkan itu diantaranya berupa bangunan tempat tinggal, baik pribadi maupun perumahan, dan bangunan komersil atau tempat usaha. Jumlah itu tidak hanya sudah terdaftar dan telah keluar nomornya saja, tapi sudah resmi,” katanya.

Saifuddin menyebutkan, mengenai penerbitan IMB, si pemohon terlebih dulu harus melengkapi berkasnya dengan siteplan dan Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT). Begitu pula untuk izin gangguan lingkungan (HO), hal tersebut berlaku untuk bangunan komersil.

Sedangkan, untuk kelengkapan berkas permohonan IMB rumah tinggal pribadi, masih banyak masyarakat yang kesulitan memenuhi ketentuan, yakni tidak mempunyai siteplan bangunan. Karena memang mereka dalam membangun rumahnya tidak mempunyai dan memperhatikan hal itu.

“Kami pun dalam mengeluarkan IMB ini harus sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Daerah Kota Banjar tentang Retribusi Izin Tertentu. Jadi tidak bisa sembarangan mengeluarkannya,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang memiliki bangunan, terlebih IMB-nya belum ada, agar segera melakukan pengurusan. Kemudian, bagi masyarakat yang akan melakukan pembayaran retribusi IMB dilayani langsung oleh petugas di Kantor BPMPPT Kota Banjar. (Nanks/Koran-HR)