Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisBupati: Jalan Poros Kecamatan di Ciamis Secara Bertahap akan Dihotmix

Bupati: Jalan Poros Kecamatan di Ciamis Secara Bertahap akan Dihotmix

Ruas jalan di kawasan Lingkungan Kecamatan Ciamis yang sudah mendapat peningkatan perbaikan dengan lapisan hotmix. Foto: Eli Suherli/HR

Bupati Jalan Poros Kecamatan di Ciamis Secara Bertahap akan Dihotmix

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, menjelaskan, dalam menuntaskan perbaikan sarana jalan, pihaknya akan menggunakan metoda skala prioritas. Akses jalan poros kecamatan yang selalu padat kendaraan dan menjadi jalur transportasi angkutan umum, akan mendapat giliran pertama untuk diperbaiki.

“Jalan poros kecamatan yang masuk prioritas tahun ini, akan kita tingkatkan perbaikannya dengan lapisan hotmix. Dilakukan proyek penghotmixan jalan ini agar kekuatan kontruksinya tahan lama dan tidak mudah rusak,” jelasnya, ketika dihubungi HR, di Pendopo Bupati Ciamis, Senin (29/12/2014). [Baca juga: Tahun 2015, Rp. 150 Milyar untuk Anggaran Perbaikan Jalan di Ciamis]

Menurut Iing, jalan poros kecamatan yang perbaikannya akan ditingkatkan dengan lapisan hotmix, diantaranya jalan yang berada di Kecamatan Panjalu, Tambaksari, Cimaragas, Pamarican, jalur Baregeg-Sukadana dan kawasan kota Ciamis.

“Program penghotmixan jalan ini tentunya dilakukan secara bertahap dengan menyesuaikan kondisi anggaran. Yang pasti, target kita dalam dua tahun kedepan, seluruh jalan yang berada di depan kantor kecamatan harus sudah dihotmix,” katanya.

Iing juga mengungkapkan, pihaknya pun pada tahun 2015 akan membangun akses Poros Utara. Akses jalur ini dimulai dari daerah Cikoneng, Sadananya, Cipaku hingga Kawali.

“Langkah awal dalam membangun Poros Utara ini, yakni pada tahun 2015 akan dilakukan penghotmixan jalan Cikoneng- Sadananya. Tahun berikutnya akan dilanjutkan kembali secara bertahap, hingga nantinya penghotmixan jalan akan dilakukan hingga Kawali,” terangnya.

Jalur Lingkar Selatan, lanjut Iing, juga sama akan mendapat perbaikan penghotmixan jalan pada tahun 2015. Perbaikan jalan akan dimulai dari daerah Panyingkiran hingga Cigembor dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 16 milyar. “Perbaikan jalan Lingkar Selatan pun akan dilakukan secara bertahap,” ujarnya. (Bgj/R2/HR-Online)