Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita Banjar(Cerita Mistik di Situ Leutik Banjar) Jaenah, 1 dari 7 Puteri di...

(Cerita Mistik di Situ Leutik Banjar) Jaenah, 1 dari 7 Puteri di Negeri Dedemit

Hingga kini, tunggul pohon Lame masih terlihat berdiri tegak di tengah Situ Leutik. Photo: Nanang Supendi/HR

(Cerita Mistik di Situ Leutik Banjar) Jaenah, Hantu Cantik Penunggu Pohon Lame

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Cerita mistik di kawasan Situ Leutik yang berada di Dusun Pasirnagara dan Babakanpace, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat ini, memang tak ada habisnya.

Sebelum Pemkot Banjar membangun Situ Leutik, dulunya di kawasan itu adalah hutan berantara. Maka tak heran kini muncul berbagai cerita seram, termasuk cerita Hantu atau Jurig Jaenah yang selalu menjadi perbincangan warga setempat.

Menurut cerita Nini Nurjanah, warga yang tinggal di sekitar Situ Leutik, sebelumnya hantu Jaenah adalah seorang janda cantik di negeri dedemit. [Baca juga: (Cerita Mistik di Situ Leutik Banjar) Jaenah, Hantu Cantik Penunggu Pohon Lame]

“Waktu itu sesepuh dari daerah Panulisan mencoba menyembuhkan penyakit yang diderita oleh seorang warga, katanya sakitnya itu karena ulah kunti Jaenah. Maka sesepuh itu mencoba hendak mengalihkan Jaenah dari pohon Lame, tapi tidak mau. Karena tidak mau, dikabulkanlah permintaan Jaenah. Namun, Jaenah minta syarat bahwa dirinya juga jangan pernah diganggu,” tutur Nini.

Nini Nurjanah
Nini Nurjanah

Dia menyebutkan, Jaenah adalah salah satu dari 7 putri ghaib yang ada di kawasan Situ Leutik, dan sudah banyak orang yang pernah melihat penampakannya menyerupai wanita cantik sekali.

Dulunya dekat pohon Lame itu ada sebuah mesjid dan sumur milik Ki Aslani. Semasa hidupnya, Ki Aslani meminta kepada warga supaya jangan mengganggu pohon tersebut, sebab ada penunggunya.

Bahkan, konon teror Jaenah tidak hanya di Situ Leutik. Hantu cantik itu juga sering keluar jalan-jalan. Seperti diceritakan sebelumnya oleh Nini Nurjanah yang ditulis HR edisi 400, bahwa ada tukang ojeg dari kota Banjar mendapat penumpang seorang perempuan yang mengaku bernama Jaenah, dan minta diantar ke kawasan Situ Leutik.

Setelah turun di daerah yang dikehendakinya, tukang ojeg kaget karena wanita berparas cantik itu berjalan menuju ke arah situ, dan tak lama berselang langsung menghilang. Menurut Nini, dari kejadian tersebut, sampai sekarang wanita cantik itu dikenal sebagai jurig Jaenah.

“Jadi jangan berani mengganggu poho Lame di sekitar Situ Leutik. Tapi jangan menjadi takut berkunjung ke sana, yang penting niat kita baik, ingin bertamasya menikmati keindahan situ, dan berpegang iman kepada Allah,” pungkas Nini. (Nanang/Koran-HR)

 Berita Terkait

(Cerita Mistik Situ Leutik Banjar) Ikan Bogo Dalam Sekejap Bisa Membesar

(Cerita Mistik Situ Leutik Banjar) Nyi Mas Kancra Beureum & Ki Picek Sang Penunggu

(Cerita Mistik Situ Leutik Banjar) Hantu Cantik Jaenah Kerjain Tukang Ojeg