Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita Banjar(Cerita Mistik Situ Leutik Banjar) Ikan Bogo dalam Sekejap Bisa Membesar

(Cerita Mistik Situ Leutik Banjar) Ikan Bogo dalam Sekejap Bisa Membesar

Situ Leutik di Dusun Pasirnagara dan Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Kecamatan, Kota Banjar, Jawa Barat. Foto: Nanang Supendi/HR

(Cerita Mistik Situ Leutik Banjar) Ikan Bogo dalam Sekejap Bisa Membesar

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Cerita mistik yang dialami warga di sekitar Situ Leutik yang berada di sebagian wilayah Dusun Pasirnagara dan Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Kec/Kota Banjar, Jawa Barat, secara nalar manusia, memang sulit dipercaya. Namun, keanehan demi keanehan sering terjadi di situ buatan Pemkot Banjar yang manghabiskan anggaran puluhan milyar ini. 

Nini Nurjanah (68), warga asli yang tinggal di sekitar Situ Leutik, bercerita, pernah suatu hari ketika pergi ke sawah, ada warga yang menemukan ikan bogo. Tapi saat didekati ikan tersebut malah dalam sekejap membesar menjadi sebesar kentongan. Kemunculan ikan bogo juga sering ditemukan oleh warga yang sedang memancing di situ. [Baca juga: (Cerita Mistik Situ Leutik Banjar) Nyi Mas Kancra Beureum & Ki Picek Sang Penunggu]

Air Situ Leutik tiba-tiba menggumpal dan membelah. Tak lama kemudian muncul sejumlah ikan, salah satunya ada ikan bogo mengikuti arus air dan di belakangnya diikuti oleh seekor ular besar.

“Kejadian itu dialami kakak saya ketika mendapatkan ikan beunteur sebanyak empat kilogram saat mancing di Situ Leutik. Waktu itu air mendadak naik ke atas, kemudian muncul ikan bogo yang diikuti ular besar,” tuturnya.

Ikwal keberadaan Nyi Mas Kancra Bereum dan Ki. Pecak di Situ Leutik diperoleh Nini dari cerita almarhum orang tuanya. Bahkan, dulu orang tuanya sendiri yang mengurus mahluk ghaib tersebut.

“Kata orang tua Nini, bahwa ular besar yang muncul di tengah situ itu adalah ular ipri jelmaan wanita cantik. Selain suka menampakan di situ, juga sering muncul di darat. Pernah ada warga di halangi oleh ular buntung. Kejadian seperti itu sering ditemukan warga,” tuturnya.

Bila malam Jum’at kliwon, terkadang suka terdengar suara irama wayang manoreh dan musik ronggeng. Menurut dia, hingga sekarang kejadian-kejadian aneh itu kerap terjadi di kawasan Situ Leutik.

Bahkan, saat pembangunan Situ Leutik dimulai, kejadian aneh lain pun terjadi, dimana alat berat berupa beckhoe yang hendak mengeruk tanah tidak dapat berfungsi selama satu minggu. Setelah dibangun oleh pemerintah, banyak mahluk ghaib lainnya bermunculan di lokasi tersebut. (Nanang/Koran-HR)