Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarDi Banjar, Warga Soroti Pelaksanaan Musrenbang Desa/Kelurahan

Di Banjar, Warga Soroti Pelaksanaan Musrenbang Desa/Kelurahan

Warga Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, saat mengikuti pelaksanaan Musrenbang tingkat kelurahan. Photo: Nanang Supendi/HR.

Musrenbang

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) setap tahunnya selalu saja mendapat sorotan masyarakat. Pasalnya, kegiatan tersebut seringkali tidak dihadiri semua OPD yang ada di lingkup Pemkot Banjar.

Eli (47), Ketua RW dari Dusun Babakan, Kel. Muktisari, Kec. Langensari, Kota Banjar, saat mengikuti Musrenbang tingkat Kelurahan, bertempat di Aula BPP Kec. Langensari, Senin (19/01/2015), mengatakan, seharusnya setiap OPD bisa hadir dan menerangkan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh masing-masing dinas, karena acara tersebut merupakan hajat masyarakat dalam memusyawarahkan penentuan rencana pembangunan di desa/kel.

“Nampak sekarang, kami melihat hanya ada beberapa OPD saja dan itu pun hanya dihadiri setingkat kepala seksi. Padahal, kegiatan ini sangat penting,” ujarnya, kepada HR, disela-sela acara.

Menurut Eli, setidaknya dengan adanya penjelasan dari setiap OPD akan mempermudah masyarakat dalam penentuan rencana yang dibuat, sehingga tidak terjadi tumpang tindih program. Mana yang akan masyarakat masukan dalam rencana pembangunan melalui dana desa/kel, dan mana yang akan dilaksanakan oleh anggaran setiap OPD.

Hal itu harus diperhatikan, termasuk masih ada juga anggota dewan yang tidak hadir dalam acara seperti ini. Padahal, anggota dewan harus mengawal dan merealisasikan prioritas yang direncanakan oleh masyarakat.

Karena, mereka bisa terpilih juga atas suara yang telah diberikan masyarakat. Jadi harus mampu menjadi wakil rakyat sesuai tupoksinya sebagai wakil rakyat, terlebih janji-janji yang telah dilontarkannya pada waktu sebelum terpilih. (Nanks/Koran-HR)