Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita BanjarDistan Banjar Minta Intansi Terkait Kembangkan Makanan Olahan Pepaya California

Distan Banjar Minta Intansi Terkait Kembangkan Makanan Olahan Pepaya California

Pepaya California hasil perkebunan di Langensari Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR.

Pepaya California hasil perkebunan di Langensari Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR.
Pepaya California hasil perkebunan di Langensari Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Setelah adanya rencana peremajaan seluas 10 hektar kebun pepaya california Langensari oleh Dinas Pertanian (Distan) Kota Banjar, untuk menstabilkan produksi dan kualitas buah. Harus dipikirkan pula pengolahan dan pemasaran, agar petani pepaya semakin bergairah.

“Distan pada prinsipnya akan semakin mengembangkan potensi pepaya California Langensari, dengan meningkatkan jumlah produksi dan mempertahankan kualitas rasa buah yang telah dikenal dan diakui pasar,” ucap Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Distan Banjar, H. Basir SP., MP., kepada HR Online, Rabu, (07/1/2015).

Pihaknya, lanjut Basir, pada tahun 2015 ini akan terus memaksimalkan potensi buah pepaya California Langensari, dengan meningkatkan penyuluhan kepada petani pepaya. “Menugaskan PPL agar lebih giat membantu petani dengan turun ke lapangan, dengan melakukan peninjauan dan menyerap permasalahan terhadap rantai produksi,” ujarnya.

Namun, kata Basir, saat ini pula perlu dipikirkan pengembangan dan pemanfaatan hasil produksi buah pepaya California Langensari. Supaya disaat buah melimpah tidak mubazir karena tidak terserap pasar.

“Perlu adanya inovasi lain dari intansi lainnya, terutama dalam memaksimalkan hasil produksi. Semisal, pengembangan pepaya California menjadi makanan olahan, banyak ragam untuk itu,” ucap Basir.

Perkebunan pepaya California Langensari saat ini, telah menjadi pemberdayaan bagi peningkatan pendapatan masyarakat, khususnya di Langensari. Untuk itu, Basir sangat berharap, intansi terkait menangkap fenomena ini.

“Kalau hanya sebatas produksi buah saja, tanpa mengembangkan menjadi makanan olahan lainnya, sangat disayangkan,” ucapnya.

Selain menambah pendapatan petani pepaya, pengembangan menjadi makanan olahan akan juga berdampak terhadap peluang usaha baru bagi masyarakat. “Untuk itu, dalam waktu dekat kami akan lakukan koordinasi dengan intansi yang berwenang dalam pengembangan hasil produksi buah pepaya California,” tukasnya. (Nanang S/R1/HR-Online)