Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisDPRD Ciamis Tolak Rencana Pemkab Tarik Tanah Bengkok Desa

DPRD Ciamis Tolak Rencana Pemkab Tarik Tanah Bengkok Desa

Ketua DPRD Ciamis, H. Asep Roni

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua DPRD Ciamis, H. Asep Roni, menyatakan pihaknya menolak rencana Pemkab Ciamis yang akan menarik pendapatan tanah bengkok aparat desa yang akan dimasukan ke kas APBDes menyusul dinaikannya tunjangan kepala desa dan perangkat desa pada tahun 2015 ini.

Menurut Asep, meski tunjangan kepala dan aparat desa dinaikkan, bukan berarti harus menarik pendapatan yang sebelumnya sudah diterima dari hasil tanah bengkok. Karena pada UU tentang Desa pun tercantum bahwa Pemerintah Daerah tidak boleh menghapus tradisi yang sudah berjalan di tingkat desa.

“Kami akan meminta Pemkab untuk mengkaji kembali rencana tersebut. Karena hal itu tidak sejalan dengan amanat UU Desa,” katanya, kepada HR, Selasa (13/01/2014).

Asep menambahkan, pihaknya khawatir apabila tanah bengkok ditarik ke kas desa, malah membuat tujuan meningkatkan kinerja aparat desa melalui peningkatan kesejahteraan dengan cara menaikan tunjangan, nantinya tidak berhasil.

“Karena tunjangan itu diberikan sebagai penambah penghasilan bagi kepala dan perangkat desa, bukan sebagai pengganti penghasilan,” tegasnya. (Bgj/Koran-HR)