Jalan Lingkar Selatan di Blok Panyingkiran Ciamis Ini Sudah Mirip Kolam Ikan

Kondisi Jalan lingkar yang berada di Blok Panyingkiran rusak parah. Photo : Eli Suherli/ HR

Jalan Lingkar Selatan di Blok Panyingkiran Ciamis Ini Sudah Mirip Kolam Ikan

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jalan lingkar selatan yang melintasi Desa Payingkiran, Kecamatan Ciamis, kini kondisinya rusak parah. Di kawasan ini terdapat lubang yang seringkali digenangi air, layaknya seperti kolam ikan. Setiap pengendara yang melewatinya harus extra hati-hati jika tidak ingin masuk dalam kubangan air tersebut.

Kasie Pemeliharaan Jalan, Dinas Bina Marga Sumber Daya Air dan Sumber Daya Energi Mineral Kabupaten Ciamis, Okta Jamal, Selasa (6/1/2015), membenarakan kondisi jalan lingkar selatan yang berada di blok Desa Panyingkiran mengalami kerusakan yang cukup parah.

Menurut Okta, kerusakan itu ditimbulkan karena jalan tersebut tidak didukung drainase yang menunjang. Dengan begitu, jalan menjadi berlubang dan tentunya air menggenang seperti kubangan.

“Dari hasil survey, memang satu-satunya solusi yang harus diambil, jalan itu harus ditinggikan posisinya. Selain itu tentunya juga harus membuat saluran,” ungkapnya.

Lebih lanjut Okta menuturkan, di kiri dan kanan jalan sudah dipenuhi rumah penduduk, sehingga menyebabkan air dari jalan sulit ditangani. Sementara ini, pihaknya merencanakan perbaikan jalan agar tidak digenangi air kembali.

“Tapi, apakah masyarakat siap untuk memberikan tanah yang ada di depan rumah mereka untuk dibuatkan drainase atau tidak? Karena itulah kendala yang dihadapi di daerah tersebut,” ungkapnya.

Meski begitu, untuk merealisasikan perbaikan salah satunya pembangunan drainase, Okta mengaku pihaknya akan melakukan pendekatan kepada Ketua RT dan RW, Kepala Dusun dan Pemerintah Desa Panyingkiran.

“Prioritas perbaikan jalur lingkar selatan memang berada di Blok Panyingkiran. Upaya pendekatan itu sebagai solusi. Karena dengan itu masyarakat diharapkan mengerti, sehinggan pembangunan drainase dan perbaikan jalan bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya. (es/Koran-HR) 

KOMENTAR ANDA