Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarJaring Investor, BPMPPT Banjar Tingkatkan Pelayanan Prima

Jaring Investor, BPMPPT Banjar Tingkatkan Pelayanan Prima

Kantor BPMPPT Kota Banjar, di komplek perkantoran Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Foto: Nanang Supendi/HR

Jaring Investor, BPMPPT Banjar Tingkatkan Pelayanan Prima

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Meski baru menginjak usai 11 tahun, namun kemajuan Kota Banjar di berbagai bidang sudah dapat dirasakan warganya. Geliat Banjar dalam membangun telah jauh melesat maju. Kota dengan luas wilayah 132 m2 dan berpenduduk sekitar 200.000 jiwa ini, kini sudah dapat mensejajarkan diri dengan kota-kota sekelas lainnya di Jawa Barat.

Banjar kini telah memiliki semua sarana penunjang perkotaan. Hotel, restaurant, perbankan baik BUMN maupun swasta, Rumah Sakit pemerintah/swasta, terminal, super market dan pusat-pusat perbelanjaan lainnya tumbuh subur di kota yang terletak di ujung Selatan Jawa Barat ini. Serta ada banyak peluang usaha yang dibuka oleh Pemerintah Kota Banjar.

Sebagai kota segitiga emas (berada di persimpangan) antara Jabar dengan Jateng, dan kawasan wisata Pangandaran, Kota Banjar menjad pilihan yang amat strategis dan prospektif untuk berinvestasi, terutama dalam bidang wisata dan perhotelan.

Dari data yang dihimpunHR, penyerapan investasi di Kota Banjar terus bergerak positif. Beranjak dari hal tersebut, Pemerintah Kota Banjar mengantisipasinya dengan membentuk Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) sejak Desember 2009. BPMPPT sebagai salah satu lembaga yang fungsinya memberikan pelayanan perizinan investasi daerah.

“Dengan dibentuknya BPMPPT, rentang kendali, khususnya pada bidang perizinan menjadi lebih pendek. Hal ini sudah barang tentu akan menarik para calon investor untuk berinvestasi,” kata Kepala BPMPPT Kota Banjar, Drs, Ade Setiana, M.Pd., kepada HR, beberapa waktu lalu.

Menurut Ade, investasi salah satu penggerak roda pembangunan untuk kemajuan suatu daerah dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya. Karena itu pelayanan terhadap para investor perlu ditingkatkan terus, baik kebutuhan infrastrukturnya maupun perizinannya.

“Dengan komitmen yang kami lakukan, dalam memberikan pelayan kepada masyarakat dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diterima, baik regional maupun nasional. Dan kini, juga memiliki beberapa program kerja unggulan diantaranya One Day Service (ODS), Sistem Mobile Service (SMS) dan Banjar City Investmen Forum (BCIF),” ungkapnya.

Ade menjelaskan, pelayanan satu pintu melalui ODS adalah penawaran pelayanan satu hari, khususnya pada beberapa izin yang diajukan pemohon dapat diproses secara cepat, cukup dengan 1 (satu) hari saja. Pelayanan melalui SMS memiliki pengertian pelayanan bersifat langsung turun ke lapangan, atau dengan kata lain berperan sebagai aktor penjemput bola.

Sedangkan BCIF adalah tempatnya forum diskusi antara pemerintah dan pengusaha dalam rangka mendukung penciptaan iklim investasi yang kondusif, dan upaya strategi menarik investor.

“Itu semua kami lakukan tentu sebagaimana visi BPMPPT Kota Banjar, terwujudnya pelayanan penanaman modal dan perizinan yang professional. Dengan visi itu pula, kami terus bergerak dan selalu terbuka menerima masukan untuk perbaikan pemberian pelayanan,” tukasnya.

Dalam menjalankan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur Negara sebagai abdi masyarakat, terkait dengan pelayanan perizinan, BPMPPT Kota Banjar mempunyai motto “Senyum Perizinan.”

“Kami artikan selalu nyaman untuk mengurus perizinan. Harapan kami, dengan motto itu dapat diimplementasikan di setiap gerak keseharian sebagai pelayan masyarakat,” tandasnya.

Ade juga mengakui, pihaknya menyadari, bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan hal mutlak diperlukan, mengingat kondisi sosial masyarakat semakin baik, dan mampu merespon setiap penyimpangan.

“Dengan ini, kami menyatakan akan bersungguh-sungguh menyelenggarakan pelayanan mudah, cepat, transparan dan pasti sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan,” kata Ade.

Selalu nyaman untuk mengurus perizinan adalah salah satu inovasi pelayanan yang diberikan BPMPPT, sehingga pada akhirnya masyarakat akan mendapatkan manfaat, sekaligus meningkatkan kesadaran berizin untuk kemajuan daerah Kota Banjar. (Nanang/Koran-HR)