Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarKades Larang Pinjami Mobdin, Kader Peduli HIV-AIDS Langensari Banjar Kecewa

Kades Larang Pinjami Mobdin, Kader Peduli HIV-AIDS Langensari Banjar Kecewa

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.
Foto: Ilustrasi net/Ist.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah kader peduli HIV-AIDS di wilayah Kecamatan Langensari, Kota Banjar, mengeluhkan susahnya meminjam kendaraan operasional desa ketika akan merujuk warga yang sakit ke RSU Banjar.

Hal itu diungkapkan Rika Setiawati, salah satu kader, kepada HR, Sabtu (17/01/2015). Menurutnya, kesulitan itu pernah dialaminya saat hendak membantu mengantar salah seorang warga yang kondisi kesehatannya sudah sangat lemah.

“Sebagai kader, saya wajib membantu manakala ada warga yang minta bantuan kita. Tidak dipinta pun kader harus siap membantu. Dan, ketika saya butuh kendaraan untuk membawa warga tersebut ke rumah sakit, saya pun minta bantuan pinjam mobil dinas kepada salah satu kepala desa di wilayah Langensari, tapi tidak dikasih,” tuturnya.

Atas penolakan itu, Rika mengaku sangat sedih dan kecewa. Padahal, dirinya akan meminjam mobil tersebut untuk kepentingan warganya yang benar-benar membutuhkan.

Dia menilai, penolakan kades tersebut membuktikan bahwa masih adanya pejabat pemerintahan desa yang kurang merespon terhadap kepentingan warganya, khususnya terkait masalah HIV-AIDS.

“Kan katanya bantuan mobil dinas yang ada di desa itu diperuntukkan bagi kepentingan warga, bukan mobil dinas kades. Kalau ada warga yang butuh harus dikasih, selama kebutuhannya untuk kepentingan social. Tapi pada kenyataannya ternyata susah, tidak ngasih,” ujar Rika, dengan nada ketus.

Rika menambahkan, para kader, khususnya kader peduli HIV-AIDS, berharap pemerintah kota menegaskan kembali mengenai peruntukan bantuan mobil oprasional yang ada di setiap desa. Karena, masih ada kades yang tidak paham peruntukannya. (Eva/Koran-HR)