Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisKadinkes Ciamis: Puluhan Warga Desa Budiasih Sakit Jiwa Bukan KLB

Kadinkes Ciamis: Puluhan Warga Desa Budiasih Sakit Jiwa Bukan KLB

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, saat menengok penderita gangguan jiwa di Desa Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Foto: Heri Herdianto/HR

14 Warga Desa Budiasih Sakit Jiwa, Disnosnaker Ciamis Turun Tangan

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar, menjelaskan, terdapatnya puluhan warga yang mengalami gangguan jiwa di Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, bukan merupakan kajadian luar biasa (KLB). Sementara terkait hingga puluhan warga yang mengalami sakit jiwa, menurutnya, terjadi hanya secara kebetulan.

“Artinya, kasus ini terjadi tidak serentak atau dalam waktu yang bersamaan. Tetapi, masing-masing penderita mengalami gangguan jiwa pada waktu yang berbeda-beda,” katanya, kepada HR, Selasa (27/01/2015). [Baca juga: Tim Dokter Periksa 51 Penderita Sakit Jiwa di Desa Budiasih Ciamis]

Menurut Engkan, meski warga setempat menganggap kasus gangguan jiwa ini terjadi akibat dari penularan satu sama lainnya, namun secara medis asumsi itu dimentahkan. Karena, kata dia, gangguan jiwa bukan merupakan penyakit menular.

“Kita juga sembari memberikan pemahaman kepada warga bahwa gangguan jiwa ini tidak menular. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi keresahan di masyarakat,” katanya. (Bgj/Koran-HR)

- Advertisment -